Tips Belajar bahasa asing

Mempelajari bahasa asing itu penting sekali, tak heran jika jaman sekarang sejak dari playgroup anak-anak sudah diajari bahasa asing terutama bahasa inggris. Belajar itu adalah proses, seperti halnya belajar bahasa asing. 

Ada tiga level penguasaan bahasa (versi warcoff) yaitu mengerti, bisa dan menguasai. Seseorang yang dikatakan mengerti belum tentu bisa, dan seseorang dikatakan bisa belum tentu menguasai :).  Agar lebih jelas berikut tahapan proses dalam mempelajari bahasa asing (versi warcoff), sebagai berikut :
  1. Membaca (reading)
  2. Menulis (writing)
  3. Mendengar (listening)
  4. Berbicara (speaking)
Nah, orang yang masuk kategori "mengerti" artinya dia hanya bisa membaca dan mendengar. Dan orang yang masuk kategori "bisa" terbagi dua yaitu hanya bisa bicara dan mendengar, atau hanya bisa menulis dan membaca. Sedangkan yang masuk kategori "menguasai" artinya dia bisa membaca, menulis, mendengar dan bicara. So anda termasuk yang mana ? semoga bermanfaat :).


NB :
Dari pengalaman pribadi warcoff sewaktu menjadi interpreter (inggris)  ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan saat berbicara dengan orang asing, sebagai berikut :
  • Minimal pahami dan kuasai topik yang akan kita bicarakan 
  • Jangan lupakan kalimat-kalimat yang sederhana
  • Perhatikan lawan bicara kita, apakah orang eropa, asia atau lainnya, karena ini sangat berpengaruh pada listening kita dan dia. Seperti kita ketahui bahasa inggris akan terdengar berbeda ketika yang bicara bukan native speaker.
  • Speaking bagi sebagian orang tidak semudah dengan writing, karena ada unsur psikologis yang mempengaruhi kita saat akan memulai pembicaraan. Speaking disini artinya bicara langsung dengan orang lain artinya tidak seperti membaca yang notabene posisi kita pasif atau orang lain hanya mendengar

Comments

  1. Kalau aQ sepertinya lebih banyak ke menulis deh.. so q pasif... hehehe...

    ReplyDelete
  2. klo aku masuk katagori bisa menulis dan membaca heeee heeeee

    ReplyDelete
  3. sepertinya yang point ke empat susah sekali tuh sob :D apa lagi kalau praktekin sama bule bule gitu hahahhaa

    ReplyDelete
  4. yang paling ampuh dari semua itu menurut saya menulis dan berbicara,

    ReplyDelete
  5. kunjungan lagi gan kesini sambil belajar bahasa lain :)

    ReplyDelete
  6. kalau menulis ama mendengarkan sering ku lakukakan tapi kalau berbicara sulit banget

    ReplyDelete
  7. yang penting praktek..praktek..dan praktek..
    kalo ga dipraktekkan ga akan maksimal hasilnya..
    hehe. :)

    ReplyDelete
  8. @Outbound : betul sekali praktek langsung itu harus n ane bisa bil gini karna dah mempraktekkannye :)

    ReplyDelete
  9. Hadir lg sobat,belajar bhs inggris dari tingkat sekolah dasar menurut ku lbh bagus.Kalo udah tua dan udah mikirin gmn cara nya biar dapur tetep ngebul ya susah he..he..he

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts