Masyarakat vs Pencurian

Beberapa hari lalu rumah kami dimasuki maling sekitar jam 24:30 WIB, yang parah dia masuk ke kamar adikku cewek yang lagi tertidur dan berhasil mengambil tas berisi uang, kartu-kartu penting plus perhiasan dan dua buah HP blackberry milik adikku. Untungnya adikku tidak diapa-apain oleh maling itu. 

Malam itu juga aku dan adikku melapor ke polsek terdekat dengan harapan ada tindakan langsung dari pihak kepolisian untuk olah TKP tapi ternyata setelah sampai disana kami hanya membuat surat kehilangan...

Petugas hanya bilang, "di daerah ini memang banyak peristiwa pencurian/kemalingan" tanpa ada tindakan mengecek ke lokasi atau menyelidiki tkp. Akhirnya kami pasrah saja dan terpaksa harus melakukan "cara lain" untuk mencari siapa maling kurang ajar tersebut. 

Nampaknya "pencurian/kemalingan" bukanlah suatu kejadian yang harus ditindaklanjuti karena mungkin itu sudah dianggap peristiwa "biasa" dimata mereka dan mungkin sudah dianggap sebagai tugas dari anggota masyarakat itu sendiri dalam menjaga keamanan lingkungannya. Padahal maling itu termasuk golongan penjahat dan mereka itu profesional karena mereka bisa tahu kondisi rumah yang lagi sepi bahkan mereka tahu siapa saja yang menempati kamar-kamar dirumah kami.


Dari peristiwa diatas dapat diambil kesimpulan bahwa kita sebagai masyarakat "biasa" harus bisa mandiri dalam menjaga keamanan di lingkungan rumah kita dan jikapun ada peristiwa kemalingan atau sejenisnya kita terpaksa harus melakukan cara tersendiri untuk mencegah dan menangkap maling tersebut yang mungkin diluar ranah hukum. 

Tidak heran jika ada banyak kejadian dimana masyarakat "main hakim sendiri" ketika berhasil menangkap basah maling dan sejenisnya. Itu semua bisa terjadi karena petugas keamanan kurang peduli dengan kejahatan yang dianggap "biasa" tersebut. Tapi mereka bisa jadi "sangat peduli" jika yang kemalingan adalah anggota mereka sendiri atau yang melaporkan adalah orang yang terkenal, berkuasa atau kaya raya.


Comments

  1. begitulah para petugas keamanan di negara ini. hanya peduli sama yg kaya raya aja.

    ReplyDelete
  2. ya gak adil ya tidak seperti yang di curi,,
    parah banget tu si pencuri

    ReplyDelete
  3. hemh,,untung adik nya gak di apa-apain ma tuh maling,,
    yap kita harus mandiri jangan terlalu tergantung ma pihak kepolisian,,

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts