Musibah di Jalan raya

Kecelakaan di jalan raya bisa menimpa siapa saja, meski kita sudah sangat berhati-hati tapi jika pengguna lain yang tidak maka tetaplah kita akan tertimpa musibah. Seperti yang kualami barusan, sudah berada di jalan yang benar, eh gara-gara ada orang yang menyalip dari depan dan "Braaak!!!" akhirnya aku jadi korbannya hmmm. 

Untungnya (artinya masih bersyukur) motor tidak ada kerusakan parah dan aku sendiri tidak mengalami cedera serius meski aku sempat "terbang" kedepan :). Dari pengalaman diatas mengingatkan aku pribadi dan orang lain tentunya untuk bisa lebih waspada dan "mengontrol" emosi ketika berada di jalan, terutama di jalan yang jelas-jelas padat dan sempit sehingga kemungkinan untuk menyalip dari kanan atau kiri harus dengan perhitungan yang matang (itupun kalau terpaksa). 

Di daerahku ini sudah banyak terjadi kecelakaan akibat sepeda motor yang tidak perhitungan dalam mengendarai kendaraannya. Terutama korban pejalan kaki yang ditabrak oleh sepeda motor hingga banyak pula yang sampai meninggal. Tragisnya yang menabrak itu rata-rata anak usia sekolah dan mahasiswa, fakta ini sangat sesuai dengan kenyataan dimana sudah banyak anak-anak smp dan sma yang sudah diberi fasilitas oleh ortunya dengan sepeda motor.

Seperti kita ketahui usia remaja itu sangat labil, baik dari segi emosi dan mental. Apalagi dalam mengendarai motor bukan sekedar bisa jalan atau ngebut saja tapi yang paling penting adalah bagaimana bisa mengendarainya dengan aman. Ada banyak tips untuk itu, tapi dari pengalamanku yang utama adalah "kita harus tahu "kondisi" yang meliputi :

- Kondisi motor (rem, ban, mesin , etc)
- Kondisi dan situasi jalan

Dua hal inilah yang harus selalu diperhatikan. Jika kedua hal ini sudah kita perhitungkan tapi masih juga mengalami kecelakaan seperti aku, yah itu namanya musibah :). Tapi, paling tidak kita sudah berusaha untuk bersikap "hati-hati" dalam berkendaraan. Semoga manfaat.


Comments

  1. memang kita harus hati-hati , karena kecelakaan pasti terjadi pada setiap orang .
    thanks ya mas buat sharenya

    ReplyDelete
  2. musibah di jalan raya memang sering terjadi,, dan tidak aneh jika hal itu disebabkan oleh pengendara yang ugal-ugalan,,

    ReplyDelete
  3. Tetap harus berhati2 dimanapun kita berada, datangnya musibah kita nggak tau kapan dan dimananya.
    apalagi musibah dijalan raya yang sering terjadi..

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts