29 Februari 2012

Bulan Februari tahun ini merupakan berkah bagi yang tanggal lahirnya tanggal 29, mereka akhirnya bisa kembali merayakan ulang tahunnya hehe. Seperti kita ketahui tanggal 29 Februari hanya ada pada tahun-tahun kabisat. Apakah tahun kabisat itu ? (sumber Wikipedia.org)

Tahun Kabisat (Leap Year) adalah sebuah Tahun syamsiah di mana pada tahun tersebut jumlah hari tidak terdiri dari 365 tapi 366 hari.  Nah dari perhitungan tersebutlah setiap 4 tahun sekali (tahun yang bisa dibagi 4), diberi 1 hari ekstra yaitu 29 Februari

Untuk lebih jelasnya dalam menentukan apakah tahun itu termasuk kabisat atau tidak dapat dihitung berdasarkan algoritma berikut : (sumber wikipedia.org)
  • Jika angka tahun itu habis dibagi 400, maka tahun itu sudah pasti tahun kabisat.
  • Jika angka tahun itu tidak habis dibagi 400 tetapi habis dibagi 100, maka tahun itu sudah pasti bukan merupakan tahun kabisat.
  • Jika angka tahun itu tidak habis dibagi 400, tidak habis dibagi 100 akan tetapi habis dibagi 4, maka tahun itu merupakan tahun kabisat.
  • Jika angka tahun tidak habis dibagi 400, tidak habis dibagi 100, dan tidak habis dibagi 4, maka tahun tersebut bukan merupakan tahun kabisat.
Demikian tadi sedikit sejarah tanggal 29 Februari sekedar untuk mengingatkan kembali :). Selain itu bulan Februari  adalah bulan yang paling ditunggu para karyawan karena hanya 28 hari tapi karena tahun ini sampai tanggal 29 jadi kurang disukai karena artinya bulan muda jadi lebih lambat sehari hehehe.

Bagi yang ingin tahu makna rahasia tanggal 29 Februari  dapat diintip di sini , namun bagiku pribadi tanggal 29 Februari itu sama seperti tanggal-tanggal biasa karena "keistimewaan" itu pada dasarnya diukur dari apa yang telah dihasilkan dan dapat dirasakan oleh orang lain :). Semoga manfaat.


Comments

  1. intinya yg habis dibagi 4, dan 400 itu tahun kabisat ya.

    ReplyDelete
  2. tanggal lahir saya yang tiap tahun muncul di kalender saja, ga pernah dirayain! jadi ga ngaruh kalo saya lahir tgl segitu juga! hehe...

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts