Kesurupan Massal (phenomena of mass trance)

Fenomena kesurupan massal masih sering terjadi dimana-mana, anehnya rata-rata terjadi di sekolah dan seperti biasa kaum wanitalah yang menjadi korban. Ada banyak pendapat baik secara ilmiah dan mistis yang menjelaskan penyebab dari kesurupan itu sendiri. Disini warcoff tidak akan mendekripsikan kedua pendapat tersebut tapi mencoba menelaah berdasarkan pengalaman pribadi :).

Dulu saat lagi tren pencak silat tenaga dalam disalah satu tes uji kesaktian ada ritual dimana kita akan diserang oleh beberapa orang sekaligus. Nah orang-orang yang menyerang itu diharuskan dalam kondisi "kesurupan" sehingga mereka akan menyerang dengan membabi buta. Jenis kesurupan ini termasuk kesurupan yang disengaja, artinya bisa dibuat oleh guru kita dengan memasukkan jin kedalam tubuh, hipnotis dan bisa juga dibuat oleh kita sendiri.


Kesurupan yang sengaja dibuat oleh kita sendiri tidaklah mudah karena butuh konsentrasi dan penghayatan yang tinggi selain itu kesurupan ini bukan karena dimasuki oleh jin, tapi permainan emosi dan pikiran. Kalau boleh menyamakan seperti tes saat masuk teater, dimana kita diharuskan bisa berperan "gila-gilaan" menjadi apa saja yang disuruh oleh senior. Disitu kita diuji mental dan konsentrasi sehingga bisa dikatakan kita harus "kesurupan" agar bisa total dalam menjiwai suatu peran.

Tapi "kesurupan" ini bisa mudah terjadi pada orang yang lagi stress dan labil jiwanya hehe. Contoh sederhana saja, ada kalanya orang ingin berteriak atau menangis sekeras-kerasnya karena beban yang terlalu berat sehingga mencari tempat sepi untuk melampiaskan emosinya tersebut. Dan bagi yang gak kuat akhirnya menjadi penghuni rumah sakit jiwa.

Pengalaman lain yaitu saat kunjungan pabrik di Bandung waktu kuliah dulu, dimana ada seorang peserta cewek yang tiba-tiba kesurupan, untungnya tidak menjadi masal karena belum tren saat itu hehehe. Korban kesurupan itu berteriak histeris sehingga buat panik kita semua, waktu itu aku dan beberapa teman membantu untuk mengangkatnya kedalam bis agar lebih mudah ditenangkan, anehnya tubuh si cewek terasa sangat berat padahal dia tidak gemuk.

Untungnya ada seorang dosen kami yang termasuk golongan paranormal, dan berkat bantuan beliau si cewek dapat kembali sadar. Saat itu kami semua berpikir jika tidak akan terjadi apa-apa lagi. Namun setelah kita balik ke Surabaya, lagi-lagi si cewek itu kesurupan, parahnya terjadi di saat kuliah lagi berlangsung. Ada satu adegan lucu dimana ada seorang dosen kami yang merasa "sakti" mencoba menyembuhkan, tapi dia malah ditertawakan oleh jin perasuk cewek itu, dia bilang " kamu itu kotor gak usah sok pinterlah"!!.

Akhirnya setelah dosen kami yang asli paranormal datang :), barulah si cewek dapat ditenangkan.  Setelah diselidiki oleh beliau ternyata jin perasuk itu sama dengan jin yang di Bandung kemarin, artinya si jin itu telah jatuh cinta sama si cewek hingga ikut sampai ke Surabaya. Beliau juga bilang jika Jin itu tak bisa diusir dengan mudah karena ternyata cewek itu juga suka sama dia, ibaratnya sudah menyatu dengan aliran darah. Intinya jika mau sembuh tergantung dari kemauan si cewek itu sendiri.

Pengalaman itu tadi termasuk jenis kesurupan yang tidak disengaja, artinya ada sesuatu yang menyebabkan tanpa disadari oleh korban. Ini sama dengan fenomena kesurupan masal yang marak terjadi saat ini, terserah apa bahasannya secara ilmiah yang jelas itu bisa mungkin terjadi karena akibat dari "pola prilaku, kejiwaan, dan kondisi mental" siswi yang kesurupan itu sendiri. 

Seperti kita ketahui, model prilaku dan pergaulan anak sekarang terutama dalam hal etika kadang tidak pantas dan kurang bisa menghargai orang yang lebih tua terutama guru. Pertanyaannya kok bisa kesurupan rame-rame? Yang pasti kesurupan itu diawali oleh satu individu baru kemudian menyebar ke yang lain, nah yang lain ini bisa karena terpengaruh hingga akhirnya ikut-ikutan (latah), bisa juga karena jin perasuknya banyak dan ikutan latah tuk merasuki :).

Selain itu mereka juga harus menyadari jika ada "mahluk" lain yang ada di dunia ini dan prilaku mahluk-mahluk itu sama seperti manusia, ada yang baik dan jahat. Bukan berarti kita harus takut, tapi ada tata krama tersendiri yang tidak tertulis yang jika dilanggar maka akan terjadi seperti kesurupan massal tersebut.

Mungkin juga ada pertanyaan apakah ada bukti jika kesurupan itu karena dirasuki jin ? nah kalau ini dibawa ke ranah ilmiah pasti belum ada yang bisa membuktikan hehe, ini sama seperti fenomena ilmu teluh dimana seorang dukun bisa memasukkan paku dan sejenisnya kedalam tubuh seseorang. Artinya kita manusia  punya keterbatasan dalam berpikir meskipun punya kelebihan dalam akal. Nah akal inilah yang kadang menjadi alasan seseorang untuk tidak percaya hal-hal gaib atau bahkan tidak percaya jika Tuhan itu ada :).

Comments

  1. serem amat dijatuhi cinta sama jin. hehehe

    ReplyDelete
  2. hindari kesurupan dg iman n takwa, namun jika anda membutuhkan bantuan hub.kami di 081553232567, 085755779567 anda dp membentengi diri dari pengaruh mahluk gaib

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts