Manfaat PageRank bagi Blog

Beberapa hari lalu Google telah mengupdate pagerank dan hasilnya warcoff terkena imbas hingga PRnye turun. Tidak tahu  apa alasannya dan rasanya saat ini memang masih samar apa dasar mereka (diluar teori baku) dalam menentukan level PR dari suatu blog atau website. Kesamaran ini bisa terjadi karena semakin banyaknya orang-orang pintar dalam menyiasati untuk pencapaian PR yang tinggi :).

Dan dari pengalaman hampir 3 tahun ngeblog, sudah dua kali ini warcoff mengalami penurunan tapi kemudian terus naik lagi seperti semula. Dari pengalaman itu ada beberapa hal penyebab turunnya pagerank warcoff (analisa versi warcoff) yaitu :

  • warcoff dulu pernah ikut lomba SEO, tapi karena bukan ahlinya akhirnya ketauan si mbah dan efeknya PR langsung turun satu hehe, lalu warcoff langsung hapusin semua jejak yang sekiranya terlalu berlebihan dan akhirnya PRnye kembali normal
  • Dan kejadian yang terakhir ini warcoff coba taruh GA dan mungkin karena terlalu banyak dan sedikit mencolok akhirnya PR turun lagi, yah semoga bisa normal lagi  :)


Dua hal diatas memang belum bisa menjadi kesimpulan pasti penyebab turunnya pagerank tapi paling tidak ada pengaruhnya. Seperti yang kita ketahui secara teori PageRank adalah sebuah algoritma paten yang berfungsi menentukan situs web/blog mana yang lebih penting/populer. Populer disini bukan berarti secara traffic harian banyak pengunjungnya tapi banyak situs lain yang meletakkan link yang mengarah ke situsnya. Dan level PR akan semakin tinggi jika yang ngelink berasal dari web/blog yang berPR tinggi juga (sumber : wikipedia).

Tapi dari teori PR diatas, kenyataannya ada yang aneh juga alias diluar teori tersebut, yaitu blog/web yang jelas inbound linknya sedikit, gak pernah BW dan jarang sekali update tapi PRnya malah naik atau tetap. Seperti halnya dua blog lain punya warcoff. Tanya kenapa ? tidak tahu hehehe.

Memang, sebagian blogger ada yang menganggap pagerank tidak penting terutama bagi blogger yang lebih mengutamakan traffic karena isi blognya untuk bisnis, komunikasi, hobi atau informasi. Tapi bagi warcoff sendiri PR itu penting karena itu bisa menjadi nilai tambah blog, terutama secara kualitas isi. Selain itu pencapaian PR yang tinggi (terutama diatas 3) adalah suatu tantangan tersendiri bagi kita untuk mencapai dan mempertahankannnya, selain bisa menambah motivasi ngeblog tapi juga tantangan agar kita lebih kreatif dan inovatif dari segi isi, tampilan, dan cara penyajiannya. Semoga manfaat.

Comments

  1. Kalo blog ku sih PR nya gak naik dan gak turun.Tetap bertahan di rank 2.
    Mudah-mudahan blog ini PR nya kembali normal

    ReplyDelete
  2. Dulu saya kepikir tuh gmn agar PR tinggi, trus traffic rame. Sekarang2 saya males dan masa bodo. Nulis di blog seperlunya..hihi, payah ya?

    ReplyDelete
  3. alhamdulilah blog saya juga dapat PR walaupun masih kecil, makasih infonya gan...

    ReplyDelete
  4. blog ane ko gak dapet PR ya ? Umurnya msih kurang dari sebulan gan hihihi :v
    Semoga suatu saat nanti bsa dapet dehh :D

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts