Feb 19, 2012

Strategi Pemasaran Toko/Warung/Kios kecil (Bertahan atau Maju)

Wiraswasta dengan membuka toko kelontong (bukan grosir), kios atau warung kecil adalah salah satu bentuk usaha yang sederhana dan dapat ditemukan dengan mudah disegala pelosok kota maupun desa. Ibaratnya cukup bermodal tempat dan modal puluhan ribu kita sudah bisa memulai usaha ini. Ada yang menjadikan usaha itu sebagai tambahan penghasilan namun banyak juga sebagai sumber mata pencaharian utama.

Banyaknya jumlah usaha retail tersebut juga menjadi sumber aliran distribusi bagi perusahaan produk konsumen. Keberadaannya yang ada dimana-mana membuat penerapan sistem distribusi produk menjadi lebih efektif dan dapat mempermudah konsumen untuk mendapatkan produk mereka.

Dulu, tidak ada pesaing yang berarti bagi toko, warung dan kios tersebut karena rata-rata mereka sudah punya pelanggan tersendiri. Selain itu banyaknya usaha sejenis tidak menimbulkan persaingan yang tidak sehat diantara mereka. Semua itu terjadi karena tidak ada sistem monopoli dimana satu toko bisa menguasai satu atau dua wilayah tertentu.

Namun sejak kehadiran minimarket-minimarket yang bermodal besar, usaha-usaha kecil ini lambat laun mulai terancam terutama dari segi pendapatan. Bagi yang menjadikan usaha ini sebagai mata pencaharian utama tentu akan sangat terasa dampaknya.  

Kata orang-orang pintar, kunci kesuksesan suatu usaha tidak terlepas dari 4 P yaitu Place (tempat, lokasi), Promosi, Price, dan Pelayanan dimana 4P ini akan berjalan lebih baik jika kita bisa menerapkan STP (segmentation, targetting, dan Positioning). Nah semua ini sayangnya sudah diterapkan oleh Minimarket yang bermodal besar :).

So bagaimana dengan pemilik toko, warung atau kios yang paling banter bisa menerapkan 1 P saja yaitu Pelayanan. Apakah harus pasrah dengan keadaan ? karena untuk bersaing dari segi price (harga) tidak mudah, apalagi dengan P yang lain karena butuh modal yang tidak sedikit.

Sekarang yang penting adalah bagaimana strategi terbaik dalam menghadapi persaingan yang tidak sehat tersebut? Bagi yang ingin sekedar bertahan mungkin cukup dengan menjaga kualitas pelayanan yang diberikan selama ini pada pelanggannya, apalagi akan selalu ada tipe konsumen setia (alias tetangga terdekat), tipe konsumen kepepet dan tipe konsumen malas jalan jauh hehe, asalkan produk yang diinginkannya selalu tersedia di toko/warung/kios tersebut meskipun harganya lebih mahal dibanding yang lain :).

Tapi bagi yang ingin usahanya berkembang dan maju tentu tidak bisa menerapkan hanya dengan satu pola itu saja. Karena ketiga tipe konsumen diatas hanya sekedar "peramai" toko/warung/kios kita, peramai dalam arti ada tapi tidak menguntungkan secara omzet keseluruhan (kasarannya belum bisa balik modal).

Jadi otomatis para pemilik memang harus berani mengambil resiko untuk pengembangan usahanya. antara lain dengan menambah modal usaha (pinjem dari bank, menggadaikan barang berharga atau menjual kendaraan dan sebagainya) meskipun tetap membutuhkan perencanaan yang matang agar minimal tidak menimbulkan kerugian yang besar jika hasilnya tidak/belum sesuai yang diinginkan.

Atau mengganti jenis usahanya, misal dari kelontong dirubah ke usaha bahan bangunan, cuci motor, etc yang disesuaikan dengan kondisi dan peluang yang ada di lingkungannya atau kemampuannya. Dan ada banyak strategi lain yang bisa kita baca dan pelajari serta diterapkan dari para ahli pemasaran atau motivator-motivator handal :).

Intinya didalam dunia usaha akan selalu ada persaingan terutama yang tidak sehat yang tidak pandang bulu apakah itu usaha kecil atau bukan. Semua kembali ke individu masing-masing bagaimana menyikapi dan menyiasatinya. Semoga manfaat.


4 comments:

  1. Wah harusnya memang aturan tentang tetek bengek diatur dengan baik dan bijak ya, hingga nda sampe kejadian semisal monopoli. Tapi ok juga neh solusi cantik untuk pedagang kios kecil-nya. Harus pinter-pinter nyari peluang ya

    ReplyDelete
  2. ok juga nih tipsnya , memang harus pinter nyari peluang ,

    ReplyDelete
  3. article ini pas banget kalo di baca oleh pengusaha-pengusaha kecil, biar mereka terinspirasi... topp bgttt

    ReplyDelete
  4. semua harus punya strategi,,jaman sekarng tanpa strategi bagus kita bakal tertendang,,hehe..thanks,,

    ReplyDelete