3 Alasan Utama Menikmati SOTOJI (Soto Jamur Tiram)

SOTOJI atau soto jamur instan adalah merek produk mie/sohun instan yang diproduksi oleh PT. Tri Rastra Sukses Sejahtera, Bogor-Jawa Barat. Sebagai produk baru yang bermain di pasar mie/sohun instan yang notabene telah dikuasai merek-merek besar, SOTOJI berusaha memberikan pilihan baru bagi para konsumen mie/sohun instan di Indonesia dengan kelebihan tersendiri yaitu penggunaan jamur tiram sebagai menu tambahan yang dipadukan dengan rasa soto. Intinya jika soto daging atau ayam itu sudah biasa tapi soto plus jamur adalah luarbiasa :).


Bagaimana kemasan dan isi produk serta manfaat mengkonsumsi SOTOJI ?

  • Kemasan SOTOJI  didesign dengan cukup menarik dengan paduan warna hijau dan kuning serta putih.  Pengaturan nama merek dengan semangkok SOTOJI lengkap di bagian depan kemasan membuat mata dan pikiran kita langsung tertuju pada kelezatan dan kenikmatan semangkuk SOTOJI. Begitupun dengan bagian belakang kemasan, tertata cukup rapi dari cara penyajian hingga nilai gizi yang ada dalam satu kemasan SOTOJI ini. Untuk lebih jelas bisa dilihat pada gambar dibawah ini :
SOTOJI
klik gambar untuk memperbesar
   
  • Isi dari satu kemasan SOTOJI terdiri dari Sohun, 1 bungkus jamur goreng, 1 bungkus bumbu soto, 1 bungkus cabe dan 1 bungkus minyak soto dengan netto keseluruhan seberat 70 gram.
  • Manfaat utama dari produk SOTOJI ada pada jamur tiram yang digunakan, dimana seperti kita ketahui Jamur Tiram (Pleurotus ostreatus) merupakan bahan makanan bernutrisi dengan kandungan protein tinggi, kaya vitamin dan mineral, rendah karbohidrat, lemak dan kalori serta kaya serat. Sehingga mengkonsumsi Jamur Tiram sangat bermanfaat untuk melancarkan pencernaan, mengatasi lemah jantung, antitumor, antikanker, antivirus (termasuk AIDS), antijamur, antibakteri, dan dapat meningkatkan sistem imun.  Selain itu dari hasil penelitian USDA (United States Drugs and Administration) yang mengatakan bahwa jamur tiram dapat menurunkan kadar kolesterol pada penderita hiperkolesterol. (sumber)


Bagaimana persepsi  dan harapan terhadap rasa produk SOTOJI ? Untuk memberikan penilaian yang lebih obyektif, maka persepsi berasal dari tiga orang yang berbeda dimana salah satunya tentulah warcoff sendiri :). Berikut persepsi yang didapatkan dengan cara memasak yang berbeda dan tanpa ditambahi variasi :

1. Tester pertama : Sepupu warcoff status mahasiswa (usia 18-25)
  • Cara memasak : Sesuai petunjuk di kemasan 

SOTOJI 1
klik gambar untuk memperbesar

      Persepsi tester 1 :
  • Kuah sotonya enak dan pas
  • Sohunnya lembut n bumbu meresap
  • Jamur kenyal, aroma jamurnya kurang sedap, n hambar
  • Kesimpulan : Bagi tester pertama, Rasa Mie/Sohun soto jamur lumayan enak
  • Harapan : Dilengkapi dengan cara masak jamur yang pas
2. Tester kedua : Sepupu warcoff status karyawan (usia 30-35)
  • Cara memasak : Air mendidih dituangkan ke mangkok setelah itu Sohun + Jamur dimasukkan, kemudian ditutup dan didiamkan selama beberapa menit, lalu bumbu-bumbu dimasukkan. 
SOTOJI 2
klik gambar tuk memperbesar
      Persepsi tester 2 :
  • Kuah soto enak, pas dan sesuai selera
  • Sohunnya kenyal tapi pas
  • Jamur agak kenyal dan tak berasa/hambar
  • Aroma keseluruhan sedap menggugah selera
  • Kesimpulan : Bagi tester kedua, Mie/Sohun soto jamur biasa saja
  • Harapan : Jamur di kasih rasa/ bumbu khusus untuk jamur
3. Tester ketiga : Warcoff sendiri status wiraswasta (usia 25-30)

  • Cara memasak :  Sohun dan jamur direbus dengan air mendidih secara terpisah, lalu sohun terlebih dulu dimasukkan ke mangkuk yang sudah berisi bumbu-bumbu plus sedikit air, setelah itu masukkan  jamur. Lalu diaduk-aduk agar bumbu meresap, baru kemudian ditambahkan air secukupnya.
SOTOJI 3
klik gambar tuk memperbesar
 
      Persepsi warcoff :
  • Kuah dan bumbu soto sangat pas rasanya
  • Paduan jamur, sohun n kuah soto memberikan nuansa dan kenikmatan yang berbeda saat dikunyah
  • Jamur kenyal dan beraroma khas
  • Kesimpulan : Bagi warcoff, Rasa Mie/Sohun soto jamur cukup enak, mengenyangkan, menyehatkan plus bergizi tinggi
  • Harapan : Ada pilihan untuk jamur yang tidak digoreng agar tekstur lembut jamur lebih terasa alami

Bagaimana Analisa Keseluruhan Produk SOTOJIPemanfaatan jamur tiram sebagai kombinasi menu adalah suatu ide yang sangat brilian untuk menarik perhatian konsumen mie/sohun instan, dimana saat ini tingkat pemilihan konsumen terhadap suatu produk sudah sangat selektif terutama dari segi manfaat atau pengaruhnya bagi kesehatan. Apalagi produk-produk mie/sohun instan yang ada sempat mengalami banyak "isu-isu" negatif terutama dampak buruknya bagi kesehatan. 

Tapi dengan adanya produk mie/bihun instan SOTOJI ini, paling tidak bisa membuktikan jika produk mie/sohun instan bisa menjadi makanan yang menyehatkan dan bergizi jika dipadukan dengan bahan makanan yang alami seperti jamur tiram ini. Selain itu dapat membantu merubah image mie/sohun instan yang selama ini lebih mengutamakan rasa yang beraneka dan khas tapi tak bergizi dan menyehatkan.

Terkait dengan ketiga persepsi diatas memang terlihat ada beberapa persamaan dan perbedaan persepsi, tapi secara keseluruhan terbukti jika rasa SOTOJI memang cukup enak, artinya tidak mengecewakan. Meskipun ada sedikit kritik terutama terhadap aroma dan rasa jamur dimana ini sebenarnya "kekuatan" dari kualitas SOTOJI yang tidak memberi bahan pengawet pada jamur tersebut sehingga memberi nilai tambah  SOTOJI yang mengutamakan manfaat bagi kesehatan. Intinya bagi SOTOJI rasa itu pasti tapi manfaat untuk kesehatan buat lebih berarti :).

Apakah Kelebihan produk SOTOJI ? Ada 3 alasan utama yang membuat konsumen harus mencoba SOTOJI, yaitu :
  • Menyehatkan
  • Bergizi
  • dan mudah saji dengan segala variasi

Apakah Kekurangan Produk SOTOJI ? bagi penggemar berat soto dan jamur, mungkin porsi satu bungkus SOTOJI ini tidak cukup, so mungkin kedepan akan ada SOTOJI yang berisi double demi memuaskan konsumen :).


Bagaimana dan dimana membeli produk SOTOJIsebagai produk baru untuk mempermudah pelayanan pada konsumen maka bagi yang tertarik ingin membeli bisa langsung memesan secara online melalui web SOTOJI, mudah dan praktis serta dijamin sampai tujuan :). Semoga manfaat.

NB : sumber foto,gambar & design dari dokumen pribadi

Comments

Post a Comment

Popular Posts