5 L (Kenaikan harga BBM Subsidi )

Ada 5 alasan pemerintah mengurangi subsidi BBM menurut Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM), Jero Wacik, dalam bukunya Subsidi BBM buat (si) Apa? (sumber:  www.finance.detik.com), sebagai berikut
  • Lebih berpihak pada si kecil, karena BBM subsidi justru lebih membantu warga kelompok menengah-atas yang sudah berkecukupan
  • Lebih hemat dan ramah lingkungan, karena pemangkasan subsidi membuat harga Premium dan Solar yang jauh lebih murah dan mestinya mendorong orang boros dan ceroboh dengan mengkonsumsi BBM
  • Lebih bermanfaat, dana yang seharusnya habis untuk subsidi bisa dialihkan pemakaiannya untuk membiayai belanja lain yang lebih berguna bagi rakyat banyak.
  • Lebih benar, karena pemangkasan subsidi mengurangi dorongan untuk penyelewengan dan penyelundupan
  • dan lebih awet, karena efek positif pengurangan subsidi premium dan solar akan terasa dalam jangka waktu cukup lama. Bukan hanya bagi anggaran 2012 saja, efek positif pemangkasan subsidi BBM akan meringankan beban negara pada tahun-tahun mendatang

Demikian tadi 5 alasan BBM subsidi akan naik bulan depan. Tapi kalau ditelaah lebih lanjut kelima alasan tersebut, bagi warcoff akan menimbulkan pertanyaan lain,  untuk lebih jelas mari kita kaji per alasan sebagai berikut :

  1. Berpihak pada si kecil, alias golongan menengah ke bawah, benarkah? kalau memang iya seharusnya kenaikan BBM tidak berpengaruh pada kenaikan harga-harga yang lain terutama sembako yang otomatis rakyat kecillah yang nantinya jadi korban :)
  2. Lebih hemat dan ramah lingkungan, benarkah ? padahal selama bensin dan solar masih menjadi bahan bakar utama kendaraan maka dipastikan semahal apapun bensin & solar tetaplah akan berpengaruh pada lingkungan :)
  3. Lebih bermanfaat, pertanyaannya manfaat untuk siapa ?
  4. Lebih benar karena mengurangi dorongan tuk penyelewengan dan penyelundupan, sudahkah terbukti atau ada penelitian yang mengatakan faktor-faktor tersebut dipengaruhi oleh subsidi ?
  5. Lebih awet iya jika harga ini tak berubah lagi dalam jangka waktu yang lama, tapi jika pemimpinnya berubah atau harga minyak dunia tidak stabil apakah ada jaminan tidak ada perubahan harga lagi ?
So mungkin kelima alasan tersebut diungkapkan sebagai bagian dari "promosi" buku beliau hehehehe. Tapi begitulah dunia politik, akan selalu ada alasan dan jawaban. Semoga manfaat  :)

Comments

  1. gak mungkin berpihak pada si kecil. pasti itu emang pemerintahnya aja yg gak beres. naik terus....cape deeeh.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts