Rencana Jalan Tol Kayuagung-Jakabaring (Sumsel)

Membaca koran hari ini mengenai rencana pembangunan jalan Tol Kayuagung - Jakabaring Palembang yang diperkirakan akan mulai dibangun akhir Mei nanti. Dimana jalan tol sepanjang 37 km tersebut merupakan bagian dari rencana jangka panjang pembangunan jalan Tol Sumsel sepanjang 137 km (Kayuagung- Betung).


Dasar dari pembangunan Tol ini selain mempersingkat jarak tempuh yaitu untuk mengatasi kemacetan yang sering terjadi di jalan lintas timur. Bila rencana ini terealisir maka ini merupakan jalan tol kedua yang ada di Pulau Sumatera. Yang pertama ada di Belawan-Medan-Tanjung Morawa (Sumatera Utara).

Berdasarkan kacamata pengguna jalan dan warga Sumsel pada khususnya, warcoff menilai rencana tersebut sangatlah tepat. Terutama bisa mengurangi beban jalan provinsi dan nasional serta jembatan-jembatan yang ada di sepanjang jalur Palembang-Kayuagung selama ini. Seperti diketahui jalur tersebut dilalui berbagai jenis kendaraan dari kelas berat sampai kelas bulu hehe, sehingga tingkat kerusakan jalan sangatlah tinggi sedangkan perawatan sangatlah tidak memadai.

Namun yang perlu diperhatikan adalah tarif tol itu nanti, jangan sampai membebani pengguna aktif. Atau tarif yang tidak sesuai dengan kualitas dan jarak dari tol itu sendiri, seperti jalan tol milik swasta yang ada di jalur pantura :). 

Harapan lain adalah, semoga jalan tol ini tidak menjadi sekedar proyek "mercu suar" dalam arti sekedar untuk mencari nama atau berbau politis, karena jika mau melihat apa yang paling penting dibangun tentu akan ada banyak hal lain yang perlu diprioritaskan seperti masalah pendidikan, kesehatan dan kesejahteraan. Tapi memang semua kembali pada kebijakan pemerintah dan pihak terkait  :). So semoga rencana tersebut berjalan lancar (bebas dari korupsi) dan manfaat bagi kita semua..amin.

Comments

Post a Comment

Popular Posts