Calon Mantu Idaman (CMI)

Di salah satu tv swasta ada acara yang bertujuan mencari mantu (menantu) dimana ada 7 pria yang akan memilih calon istri idaman dengan dibantu ibunda masing-masing. Berkaitan soal mantu jadi inget istilah bibit, bobot dan bebet. Tiga faktor yang menjadi parameter orang tua kita dalam menentukan calon mantu yang diidamkan.


Harus kita akui, orang tua dan kita sendiri tentulah berusaha mencari yang terbaik untuk sebagai pasangan hidup, siapa yang tidak ingin punya mantu yang berkualitas (kaya, pendidikan tinggi, keturunan terhormat, cantik/ganteng, sehat, tidak cacat dan baik hati) hehe. Dan selalu ada yang diprioritaskan atau menjadi pilihan utama dalam memilih pasangan. 

Seperti di Cina ada sebuah kampung yang rata-rata penduduknya berstatus bujangan meski usia sudah diatas 30 tahun, semua itu terjadi bukan karena mereka jelek atau tidak suka wanita, tapi karena mereka miskin alias tidak punya penghasilan yang memadai. Sedangkan para wanita sana lebih mencari pria kaya atau mapan untuk dijadikan suami. Hal ini sebenarnya sudah lama terjadi, contohnya di negeri kita ini, dimana kriteria "materi",  sudah menjadi syarat utama dalam menentukan pasangan hidup yang salah satunya disimbolkan dari standar "mas kawin" yang ditentukan.
Faktor atau kriteria agama sudah menjadi syarat kedua, semua itu terjadi karena ketakutan kita akan masa depan. Ibaratnya percuma alim atau baik tapi tidak kaya sehingga masa depan akan suram :). Memang ini bukan berarti bahwa semua orang punya prinsip seperti itu karena pada dasarnya "keinginan" itu sangat dipengaruhi oleh pola pikir, kondisi, pengalaman hidup dan kepribadian kita sendiri. Seperti halnya alasan kita mencinta yaitu, "cinta karena butuh" atau "butuh karena cinta" so anda termasuk yang mana ? :)

Comments

  1. Iya, memang tidak mudah dalam mencari mantu. Ada saja kekurangan disana-sini yang bikin hati mertua nggak sreg. Tapi manusia tidak ada yang sempurna dan memang perlu kesabaran tinggi utk menghadapi semua itu

    ReplyDelete
  2. iya sih gan bener banget , orangtua sekarang kebanyakan terlalu mementingkan materi ...
    padahal kan ga semua di lihat dari materi

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts