Do you have any question ?

Ketika kita mengikuti sesi wawancara kerja, ada satu poin yang sering ditanyakan kepada para pelamar yaitu "apakah ada yang ingin anda tanyakan ?". Mungkin beberapa pelamar ada yang bilang "untuk saat ini belum" atau ada juga yang bertanya tentang standar gaji, fasilitas yang didapatkan, etc.

Poin ini sebenarnya kesempatan kita untuk menambah nilai. Berikut saya kasih contoh pertanyaan yang menarik dari seorang calon karyawan pada interviewernya di sebuah perusahaan yang memproduksi peralatan IT , sebagai berikut : (sumber : british council.org) 

Interviewer : Ok – Do you have any question for us ?
Applicant : Yes - About your ethical policy and your carbon footprint...I was wondering whether you are planning to reduce your carbon footprint and whether all your products are ethically sourced?
Interviewer : That’s a very good question...and that’s something we’re moving towards at the moment...

Sengaja saya tidak terjemahkan dialog diatas karena lebih "pas" kalau tetap dibiarkan bahasa aslinya hehe. Disini kurang lebih si pelamar menanyakan tentang kebijakan etis perusahaan pada produk mereka dan bagaimana perencanaan perusahaan terhadap pengurangan "carbon footprint" (Ukuran jumlah karbon dioksida yang dihasilkan oleh individu atau perusahaan).

Pertanyaan tersebut menarik karena tersirat suatu perhatian yang serius si pelamar terhadap "kondisi" yang ada di perusahaan secara umum. Namun aku kurang tahu apakah jenis pertanyaan seperti itu bisa diterapkan pada perusahaan yang ada di Indonesia, takutnya nanti dianggap pertanyaan yang kurang etis hehe.

Tapi intinya kesempatan bertanya tersebut memang harus dimanfaatkan sebaik mungkin oleh para pelamar, jadi tidak hanya bertanya tentang hak sebagai karyawan tapi bisa juga kewajiban dan kebijakan yang ada di perusahaan terhadap lingkungan dan kualitas produk mereka selama pertanyaan itu relevan dengan posisi atau jenis  perusahaan yang kita lamar. Semoga manfaat :).

Comments

Post a Comment

Popular Posts