Kriteria Tulisan yang Menarik

Beberapa waktu lalu warcoff membaca sebuah tulisan tentang proses menulis, yang berhubungan dengan "kevakuman" seseorang, baik itu penulis amatir ataupun profesional dalam membuat tulisan yang baru. Seperti kita ketahui ada saat dimana kita merasa jenuh untuk menulis, bukan karena tidak ada ide tapi ada kebuntuan saat akan dituangkan kedalam suatu bentuk tulisan yang kita inginkan.

Ada beberapa hal yang menarik dari tulisan tersebut (yang beliau kutip dari buku)  dimana disebutkan dalam  menulis terjadi dua proses yang bersamaan dan berimbang yaitu berpikir kreatif dan kritis. Bisa dikatakan proses menulis itu memainkan peranan otak kanan (kreatif) dan otak kiri (kritis). Intinya kebuntuan dalam menulis bisa akan lebih mudah mengalir jika kita bisa mengoptimalkan peranan otak kanan dan kiri kita dengan baik.


Sehubungan dengan tulisan diatas bisa disimpulkan juga "kebuntuan" menulis karena adanya tuntutan seorang penulis untuk membuat tulisan yang "menarik". Sehingga tidak ada keseimbangan antara berpikir kreatif dan kritis. Nah bagaimana kriteria tulisan yang menarik itu ? bukan bermaksud untuk mengajari bagaimana cara membuat tulisan yang menarik karena warcoff sendiri lagi terus belajar untuk itu hehehe.

Kriteria tulisan yang menarik pada kenyataannya tidak selalu berarti tulisan itu bagus tapi bisa juga biasa dari segi kualitasnya. Tulisan bagus itu adalah tulisan yang punya kualitas dari segi isi, penyajian, tata bahasa, keaslian, etc. Namun bisa menjadi tidak menarik karena berbagai faktor, diantaranya salah sasaran pembaca. Contoh tulisan ilmiah ditempatkan di kolom humor :).

Tulisan biasa itu tentu saja kebalikan dari tulisan bagus, tapi bisa menjadi menarik karena berbagai faktor, antara lain "nama besar penulisnya" :). Contoh misalnya seorang presiden membuat sebuah tulisan tentang curahan hatinya, dapat dipastikan tulisan tersebut akan menarik banyak orang untuk membacanya. Bukan karena tulisannya yang bagus tapi karena penasaran apa isinya hahahahaha

Dan seperti yang kita ketahui, banyak sekali di berbagai media (cetak dan online) tulisan-tulisan yang menarik. Tapi tidak semuanya bagus/berkualitas bahkan sangat biasa sekali. Itu tidak terlepas dari peranan strategi pemasaran individu atau organisasi dimana pandai memanfaatkan berbagai fasilitas agar tulisan-tulisan tersebut menjadi terlihat menarik.

Selain itu kemajuan ilmu dan teknologi terutama media sosial sangat mendukung semua itu, dengan adanya jalinan simbiosis mutualisme dan pertemanan di media sosial membuat apapun yang mereka tulis meskipun biasa saja bisa menarik banyak orang untuk membacanya. Kalau di luar dunia menulis, kemajuan ilmu dan teknologi bisa menjadikan penyanyi-penyanyi yang kualitas vokalnya dibawah standar bisa menjadi terkenal karena "kemasan" yang disajikannya sangat menarik :).

Meskipun itu juga tetap membutuhkan perjuangan dan pengorbanan, terutama dalam mengawali atau membuka jalannya. Ibaratnya seorang blogger pendatang baru yang harus rela "berkeliling" agar bisa mendapat kunjungan dari blogger lain dan memulai menjalin persahabatan maya. 

Kembali ke topik awal tentang bagaimana kriteria tulisan yang menarik, pada dasarnya kriteria tersebut ditentukan oleh pembaca itu sendiri. Dan semua kembali pada tujuan kita menulis, jika memang bertujuan agar tulisan kita menarik banyak orang maka minimal harus bisa mengerti selera konsumen (pembaca) yang kita tuju, tahu cara membuat penyajian yang menarik dan pandai memanfaatkan fasilitas yang ada secara maksimal.

Bagi warcoff pribadi membuat suatu tulisan yang "menarik" sekaligus berkualitas adalah tantangan yang menarik :). Karena seringkali "menarik" dimata kita belum tentu menarik di mata orang lain. Dan itulah menjadi salah satu alasan dan tujuan warcoff menulis, karena menulis itu adalah kegiatan yang "menarik" hehe.

Comments

  1. iya ya..kadang saya semangat banget nulis dan pede bakalan asik nantinya. nggak taunya orang lain bahkan nggak faham apa yang saya tulis. haaa...

    ReplyDelete
  2. makasih buat kunjungannya :)
    sampai detik ini masih berpeluh-peluh utk menyeimbangkan otak sana dan sini ^^

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts