Makna Belajar (Definisi)

Terkait dengan sudah dekatnya pelaksanaan Ujian Nasional ataupun yang lagi berjalan, dimana tentu saat ini para siswa sedang giat-giatnya "belajar", entah itu dengan teman, ikut try out, bimbingan belajar dan sebagainya.

Btw apa sih pengertian belajar itu ? Belajar mempunyai tiga makna menurut kamus besar bahasa Indonesia yaitu :

- Berusaha memperoleh kepandaian atau ilmu
- Berlatih, dan
- Berubah tingkah laku atau tanggapan yg disebabkan oleh pengalaman.


Metode belajar juga ada beragam namun ada satu metode yang sejak dari jaman dulu menjadi andalan yaitu sistem kebut semalam (SKS) hehe. Tapi disini warcoff tidak ingin membahas bagaimana cara/ metode belajar yang baik, karena warcoff sendiri sampai sekarang masih terus belajar bagaimana cara agar bisa konsisten belajar dari kesalahan yang lalu agar bisa lebih baik kedepannya :).

Sekarang kita coba bahas pengertian "belajar" versi kamus diatas, belajar adalah suatu usaha untuk memperoleh kepandaian atau ilmu, dimana diartikan juga belajar adalah proses untuk meraih tujuan.

Belajar juga sama dengan berlatih yaitu suatu proses dimana kita mempraktekkan ilmu yang kita pelajari dengan teknik tertentu sesuai dengan apa yang diajarkan oleh guru ataupun dari buku.

Belajar itu adalah suatu proses perubahan tingkah laku atau tanggapan berdasarkan dari pengalaman yang telah didapat. Artinya kebiasaan jelek seseorang bisa dirubah atau berubah tergantung dari apa yang dialami didalam kehidupannya.

Dari tiga makna diatas dapat disimpulkan jika "belajar" itu adalah bagian dari proses perubahan seseorang, dari yang tidak tahu menjadi tahu, dari yang bodoh menjadi pintar, dari yang jahat menjadi baik dan sebagainya.

Yang membedakan tentunya metode dari belajar itu sendiri karena tidak semua metode belajar bisa diterapkan pada setiap orang. Karena manusia itu punya batas kemampuan tersendiri dalam menerima atau mempelajari sesuatu.

So buat adik-adik yang lagi menghadapi ujian nasional semoga sukses dengan ujiannya. Dan yang perlu diingat adalah "belajar" itu adalah proses untuk mencapai tujuan. Jadi selama kita tahu apa "tujuan" kita maka belajar akan jadi suatu kegiatan yang menyenangkan dan penuh dengan tantangan alias belajar itu akan menjadi "menarik" :).

Tapi perlu juga diingat untuk tidak mudah putus asa jikalau hasil yang kita dapatkan belum sesuai dengan yang kita inginkan karena itu juga bagian dari proses belajar. Dan yakinlah selama kita punya kemauan dan niat yang tulus dalam belajar, insya Allah akan mendapatkan hasil yang sepadan. Semoga manfaat :).

Comments

  1. Makasihh infonya sobat..

    Happy blogging..

    ReplyDelete
  2. yapp..intinya niat yang baik akan menghasilakn hal yang baik pula...happy blogging....^_^

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts