Media sosial sebagai kolam pancing yang nyaman

Wirausaha atau wiraswasta merupakan suatu bentuk kemandirian individu dalam menciptakan atau membangun usaha sendiri dengan memaksimalkan modal yang ada. Butuh ketekunan, keuletan, fleksibel dan kesabaran yang tinggi dalam membangun atau mengembangkan usaha tersebut.

Wirausaha memiliki potensi tinggi untuk mejadi perusahaan besar berkelas internasional jika mampu dikelola dengan baik. Pengelolaan yang baik terutama dalam menerapkan strategi pemasaran yang tepat agar bisa meraih konsumen yang diharapkan sekaligus mempertahankannya. 

Kemajuan ilmu dan teknologi terutama internet semakin mendukung dan mempermudah para wirausahawan dalam menjalankan strategi pemasarannya, salah satunya adalah promosi. Dan media sosial sebagai bagian dari dunia internet bisa menjadi salah satu pilihan sarana promosi yang efektif dan efisien. Tidak hanya oleh wirausahawan yang rata-rata bermodal kecil tapi juga dimanfaatkan oleh perusahaan-perusahaan besar.

Pemanfaatan media sosial sebagai sarana promosi tidak terlepas dari semakin mudahnya mengakses jaringan internet sehingga ada banyak  jenis media sosial yang bisa dimanfaatkan atau diajak bekerjasama dalam rangka promosi produk mereka.

Sebelumnya apakah media sosial itu ? Media sosial adalah sebuah media online, dimana para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan isi, yang terdiri dari blog, mikroblog, jejaring sosial, wiki, kompasiana, forum dan dunia virtual (sumber : Wikipedia)

Dari pengertian diatas dapat diumpamakan jika media sosial itu adalah sebuah kolam yang diisi beragam jenis ikan yang berjumlah jutaan. Artinya bagi pelaku wirausaha, media sosial adalah tempat mancing yang sangat menyenangkan, selain murah, mudah, tidak terbatas jarak dan waktu sekaligus bisa mendapatkan bermacam ikan sesuai jenis umpan yang mereka gunakan. 

Resikonya adalah tentu tingkat persaingan yang sangat tinggi, terutama dengan jenis produk yang sama. Selain itu ada banyak pandangan negatif pada bisnis online semacam ini dikarenakan oknum-oknum penipu yang menjual barang fiktif pada konsumennya atau oknum-oknum yang sekedar ingin mendapatkan data-data pribadi orang lain.

Tapi itu semua bukan hambatan yang berarti bagi pelaku wirausaha karena sudah menjadi bagian dari "tantangan" dalam berusaha. Minimal tantangan untuk bisa membuktikan pada calon konsumen jika mereka bisa dipercaya. Selain itu pada dasarnya suatu pencapaian berawal dari keuletan, kejujuran, pengorbanan dan kecerdikan seseorang dalam memanfaatkan setiap kesempatan yang ada. 

Ada banyak contoh wirausahawan yang bisa meraih banyak konsumen melalui promosi di media sosial ini antara lain saudara angkat saya sendiri, dia punya online store yang berjualan obat penumbuh rambut  hingga bisa meraih omzet kurang lebih 40- 60 juta per bulan. Hasil itu didapatkan hanya dengan promosi melalui media sosial alias cukup aktif didepan komputer rumah (Internetan), terima telepon, dan kirim order. Semoga manfaat :).

Comments

  1. kunjungan gan.,.
    bagi" motivasi.,.
    Seorang pesimis melihat kesulitan dalam setiap kesempatan,
    orang optimis melihat kesempatan dalam setiap kesulitan.,
    di tunggu kunjungan balik.na gan.,.,

    ReplyDelete
  2. ilmu banget nih. buat masukan. ijin ngopy ya..

    ReplyDelete
  3. @zachflazzsilakan mas, asal sumbernya dicantumin :)

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts