Merubah Maya menjadi Nyata dan Nyata menjadi Maya (Manfaat internet)

Internet saat ini sudah menjadi kebutuhan "vital", bagaimana tidak, tiada hari tanpa internet sehingga internet telah menjadi sumber informasi utama. Tidak hanya sekedar untuk aktifitas sosial media tapi juga sumber ilmu pengetahuan. Dari kalangan anak sekolah hingga penggiat keilmuan tertentu.


Tapi pernahkah kita berpikir, apakah data atau info yang kita dapatkan dari internet itu bisa dipercaya ? seperti kita ketahui terutama penggiat internet seperti kita ada banyak data yang tidak jelas siapa yang pertama kali menerbitkannya atau ada bukti jika itu benar dari sumber yang disebutkan. Semua ini bisa terjadi karena di Internet kita bisa merubah yang nyata menjadi maya begitupun sebaliknya merubah yang maya menjadi nyata :).


Bagaimana mekanisme merubah yang nyata menjadi maya ? Sederhana saja sepeti kita mengupload foto pribadi ke facebook atau twitter. Sesuatu yang bisa kita sentuh (nyata) akan berubah menjadi maya (hanya bisa dilihat) setelah menjadi bagian dari dunia internet.


Begitu juga sebaliknya saat merubah yang maya menjadi nyata, seperti halnya saat kita mendownload file tertentu dari internet kemudian kita print hingga bisa kita sentuh (nyata) hehe. Sama seperti mencari jodoh by internet, dimana dari berupa foto atau gambar lalu setelah ada saling komunikasi dan cocok maka akan menjadi nyata setelah kita bertemu langsung :).

Nah proses diataslah yang memungkinkan terjadinya "pemalsuan, penipuan etc" baik itu hanya sekedar merubah angka atau gambar dan sebagainya. Yang lebih sulit lagi adalah "membuktikan" tindak pemalsuan tersebut. So Internet bisa menjadi sumber informasi yang lengkap dan praktis tapi "belum bisa terpercaya" terutama untuk informasi-informasi tertentu  :). 

Tapi bagaimana dengan blog ? apakah yang ditulis seperti halnya warcoff lakukan tidak bisa dipercaya ? nah ini beda kasusnya karena apa yang disampaikan oleh blogger lebih ke opini atau berdasarkan pendapat pribadi, artinya bisa disetujui, dipercaya atau juga tidak oleh para pembacanya. Dan pada dasarnya Blog pribadi punya nilai lebih tersendiri yaitu "kejujuran" atau apa adanya karena blog dipakai atas nama pribadi bukan kelompok atau perusahaan yang notabene punya tujuan tersendiri dari apa yang disajikannya.
Meskipun pada dasarnya semua media (online dan offline) punya prinsip yang sama dalam menerbitkan suatu informasi, yaitu "jangan tulis berdasarkan apa yang kau lihat tapi tulislah berdasarkan apa yang kau pikirkan". Intinya semua kembali pada kita sendiri untuk lebih pintar dan cermat dalam menerima, melihat dan membaca suatu informasi. Semoga manfaat.

Comments

  1. iya bener tuh gan , harus lebih hati-hati

    ReplyDelete
  2. berarti harus kopdar sama semua temen maya ya biar bisa jadi temen nyata. hehehe

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts