Prosesi Pernikahan Ala Palembang

Prosesi pernikahan disetiap daerah punya keunikan tersendiri, seperti di Palembang melalui beberapa proses tertentu. Namun seiring perubahan zaman ada beberapa bagian yang jarang dipakai lagi karena pertimbangan waktu, biaya dan "ketidaktahuan" :).

Nah kebetulan beberapa hari lalu adikku yang cewek menikah dan menggunakan proses agak lengkap sebelum dan sesudah pernikahan, nah disini kami melakukan adat/budaya yang telah lama hilang, seperti pengajian bersama di malam sebelum acara akad nikah dan khataman Qur'an oleh calon pengantin, selengkapnya prosesi pernikahan adikku sebagai berikut :

1. Pengajian Al Qur'an (Malam sebelum akad nikah)
2. Penyambutan calon besan n mempelai pria dengan rombongan plus hantarannya
hantaran manten


3. Penerimaan hantaran (sekapur sirih)
sekapur sirih

4. Khataman Qur'an oleh Pengantin Perempuan


khataman Qur'an

5. Akad nikah
akad nikah

6. Arak-arakan setelah akad nikah
arakan manten

7. Cacap-cacapan
adat istiadat khas plembang

8. Suap-suapan
adat istiadat khas plembang

9. Resepsi (Di hari yang berbeda)
adat istiadat khas plembang


Berhubung prosesi pernikahan dilaksanakan di dua tempat, maka kamar pengantinnya pun ada dua dengan dekorasi yang berbeda. Yang menarik adalah dekorasi salah satu kamar pengantin, dimana ranjang yang digunakan ranjang antik yang pernah digunakan oleh nenek dan kakek kami saat pernikahan mereka. Selain itu kamar yang dipakai juga adalah kamar antik yang dibangun oleh buyut kami. 

Ide dan design dekorasi juga dari nenekku yang telah berusia 90 tahun. Beliau menggunakan teknik ploi yang sederhana dengan paduan warna kuning dan putih. Seperti terlihat di gambar berikut :

 ranjang antik

Melihat gambar di atas terbayang dekorasi kamar pengantin tempo dulu, simpel tapi menarik didukung dengan kamar dan perabotan yang juga antik :). So demikian dulu laporannya hehe, foto-foto lain akan ditambahkan setelah proses pengeditan selesai. Semoga menjadi keluarga yang sakinah, mawaddah dan warohmah..amiin.

Comments

Post a Comment

Popular Posts