Ruang Publik Maya (Fungsi & Peran)

Kita semua pernah mendengar tentang istilah ruang publik, sebelumnya apakah ruang publik itu ? (sumber : Urban Land Institute)  Pengertian umum ruang publik adalah  ruang-ruang yang berorientasi manusia. Ruang publik adalah tempat atau ruang yang "terbentuk" karena adanya kebutuhan akan tempat untuk bertemu atau berkomunikasi baik secara individu maupun berkelompok.

Ruang atau tempat publik merupakan tempat dimana siapapun berhak datang tanpa merasa terasing karena kondisi ekonomi maupun sosialnya. Ciri-ciri ruang publik antara lain tidak dipungut bayaran, dan tidak ada diskriminasi latarbelakang bagi para pengunjung ruang publik tersebut.


Apa karakteristik dari ruang publik ? karakteristik ruang publik terbagi dua : (sumber : jurnal ilmiah "ruang publik kota" by Deazaskia Prihutami/FT/UI/08)
  • Ruang publik tertutup yaitu ruang publik yang terdapat di dalam bangunan (Ruang Privat). Ruang publik tertutup merupakan sarana publik yang telah di privatisasi. Dengan kata lain ruang publik tertutup bisa dikatakan sebagai ruang privat dimana ada batasan atau larangan yang diatur sedemikian rupa agar mencegah kelompok tertentu seperti tunawisma, etc. Contoh, taman di gedung tinggi, mall, ruang tunggu, etc.
  • Ruang publik terbuka yaitu ruang publik yang terdapat di luar bangunan. Contoh Jalan, jalur pedestrian, taman kota/rekreasi, plaza, lapangan olahraga, etc.
Apakah media sosial bisa termasuk kedalam kriteria ruang publik ? Berdasarkan pengertian diatas, media sosial dan dunia internet pada umumnya bisa jadi termasuk "ruang publik" karena tidak ada batasan bagi siapapun untuk dapat mengaksesnya, dan juga telah menjadi tempat berkomunikasi, serta sosialisasi berbagai kalangan baik secara individu maupun berkelompok. Jikapun menggunakan internet tetap ada biayanya, itu sama saja ketika kita ingin mengunjungi ruang publik nyata dimana perlu ongkos untuk menuju kesana :).

Yang membedakan tentu adalah wujud dari ruang publik itu sendiri, sehingga bisa didefinisikan menjadi "ruang publik nyata" dan "ruang publik maya" :). Seiring semakin padatnya penduduk, kesibukan yang menyita waktu, kondisi lingkungan, jarak dan kemajuan ilmu dan teknologi, peran ruang publik maya menjadi salah satu alternatif utama untuk bersosialisasi, berkomunikasi dan sebagainya.

Namun peran dari ruang publik nyata akan tetap ada dan selalu dibutuhkan, karena itu sudah menjadi bagian dari sistem tata kota di desa maupun di perkotaan. Selain itu pada dasarnya fungsi utama ruang publik adalah bisa memajukan kualitas hidup masyarakat atau komunitas yang tinggal di sekitar ruang publik tersebut.

Fungsi tersebut juga berlaku di ruang publik maya, meskipun itu harus diusahakan sendiri oleh individu yang aktif di ruang publik maya tersebut. Biar lebih jelas berikut kelebihan dan kekurangan dari ruang publik nyata dan maya  (versi warcoff) :
  1. Ruang publik (terbuka) nyata :  Punya nilai lebih dalam hal kualitas sosialisasi yang berlangsung karena terjadi interaksi nyata dengan sesama individu dan lingkungan disekitarnya. Kekurangannya adalah sudah semakin terbatasnya ruang publik terbuka terutama di perkotaan karena perubahan fungsi  dari terbuka menjadi tertutup, etc. Selain itu  pengaruh kondisi lingkungan (iklim , cuaca, tingkat polusi, etc) sangat mempengaruhi peran ruang publik nyata sebagai tempat yang nyaman dan kondusif sebagai sarana berkumpul atau bersosialisasi.
  2. Ruang publik maya :  Sangat efektif dan efisien karena tidak dipengaruhi tempat, jarak, waktu dan kondisi lingkungan serta bisa mencakup berbagai kalangan sekaligus dari berbagai penjuru dunia. Kekurangannya adalah validitas dan reabilitas dari kualitas individu yang terkait didalamnya. Dimana kita tidak bisa menjamin "kenyataan" dari "kemayaan" yang disajikan oleh mereka :).
Istilah "ruang publik nyata dan ruang publik maya" ini berasal dari persepsi dan opini warcoff pribadi jadi bukan dari teori yang telah baku :). So bisa jadi akan ada perbedaan istilah atau kesamaan pendapat, tapi paling tidak jika dihubungkan dengan teori tentang ruang publik diatas semoga akan ada pembagian lebih lanjut tentang karakterisasi ruang publik yang disesuaikan dengan kemajuan ilmu dan teknologi. Semoga manfaat :).

Comments

  1. ya, bermanfaat pasti. secara saya dalam keseharian suka ngomong tentang "ruang publik", ternyata harfiahnya luas juga, bisa digunakan di konteks yang saya belum ngerti. terima kasih.

    ReplyDelete
  2. wah info sharing yg bermanfaat skali dan menambah wawasan bagi kita semuah

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts