Aku ingin seperti ayahku (Iklan Komersial)

Beberapa waktu lalu warcoff lihat iklan komersial suatu produk yang diawali dengan kalimat yang mirip puisi, kurang lebih intinya sebagai berikut :

aku ingin seperti ayahku
sejak kecil...
aku selalu meniru apa yang beliau lakukan
tapi...
saat ayahku sakit diabetes...
aku tak ingin seperti beliau.

Bait awal sungguh manis, ekspresi seorang anak lelaki yang sangat mengagumi sosok ayahnya sehingga apapun yang menjadi ciri khas ayahnya selalu diikutinya. Tapi bait akhir sungguh mengenaskan, ketika tahu kekurangan ayahnya yang bisa mengancam jiwanya dia tak mau mengikuti, walau sebenarnya ini sangat manusiawi sekali :) .

Memang maksud dari iklan tersebut baik yaitu untuk memperingatkan kita tentang perlunya pencegahan dini dari penyakit tersebut dengan melakukan kebiasaan yang sehat.  

Tapi disini warcoff mau melihat makna kata-kata tersebut dari sisi lain yaitu biasa diartikan si anak mau enaknya saja, dia hanya peduli pada hal yang buatnya senang saja. Mungkin bait-bait diatas akan lebih enak didengar jika dirubah seperti ini :

aku ingin seperti ayahku...
sejak kecil...
aku selalu meniru apa yang beliau lakukan...
dan...
saat ayahku sakit...
aku kan menjaganya...
seperti halnya beliau selalu menjagaku...
di saat sakitku. 

Bahasa iklan memang mengandung banyak makna, dan apapun itu tujuan dan makna dibaliknya para konsumenlah yang bisa menilai serta menyaring baik dan buruknya. Yang jelas membuat iklan yang menarik dan berkualitas itu membutuhkan kreatifitas yang sangat tinggi, bukan hanya dari tampilan tapi juga kata-kata yang ada didalamnya. Semoga manfaat :).

Comments

  1. hahahaha ia.. aku suka bgt perhatiin iklan itu baik2 pas kata akhirnya bisa menusuk hati bapaknya lo :D

    ReplyDelete
  2. iya bener. sependapat. yang bawah jadi lebih sejuk ya. ada ketidakjelian di perancang iklan ini. keren, kasih aja masukan ke produsen, siapa tau bisa jadi konsultannya lho..

    ReplyDelete
  3. heheh,,gak mikir sampe kesana saat lihat iklan itu,,hehe,,teliti sekali ya,,,^_^

    ReplyDelete
  4. halo sob... sehat selalu kan? koq nggak keliatan nih, hehe

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts