Pilih Kuliah Negeri (PTN) atau Swasta (PTS)

Teringat dulu saat akan memilih tempat kuliah, yang ada dipikiran saat itu hanyalah kuliah negeri alias PTN, terutama PTN yang favorit :). Dengan alasan waktu itu, kuliah di PTN favorit pokoknya "keren" :). Sedangkan kuliah di PTS hanya menjadi pilihan terakhir alias daripada tidak kuliah. Walaupun pada akhirnya warcoff kuliah di swasta juga hehe. 

Penyebabnya adalah warcoff saat itu tidak mengukur kemampuan diri, salah satunya dalam memilih jurusan serta perguruan tinggi yang dituju. Dulu warcof hanya menuruti "nafsu" tanpa didukung kemampuan yang memadai. Sehingga pilihan pertama warcoff dulu adalah ITB dan yang kedua ITS, hasilnya..tentu saja tak ada yang lolos hahahahaha.


Kriteria kemampuan disini adalah minimal tingkat kemampuan pada penguasaan ilmu dasar dan pengetahuan tentang fungsi dan tujuan dari jurusan yang dipilih. Terkait dengan pemilihan jurusan, warcoff dulu memilih jurusan hanya berpatokan pada paman warcoff yang dulu kuliah di jurusan tersebut. Paling tidak warcoff bisa dapat warisan buku hehehehe

Walaupun tidak ada penyesalan yang mendalam, namun "ketidaktepatan" pilihan itu akan terasa ketika kita mengalami "benturan" dalam pengembangan ilmu yang kita dapatkan.

Artinya ilmu yang kita dapatkan akan menjadi setengah-setengah karena pada dasarnya tidak sesuai dengan minat dan bakat yang kita miliki. Sehingga ketika akan lebih mendalami ilmu tersebut terasa lebih berat karena ada rasa terpaksa atau telah merasa cukup dengan apa yang telah didapatkan.

So buat adik-adik yang akan memulai kehidupan baru menjadi mahasiswa, menurut warcoff yang paling penting itu adalah bersikap bijak dalam memilih jurusan yang akan dipilih pada SNM-PTN nanti.  Karena pada dasarnya kita tidak boleh setengah-setengah dalam menguasai ilmu yang kita dapatkan, yang tentu saja itu didukung dari bakat dan minat yang kita miliki.

Tentu tips dan trik dalam menghadapi ujian ataupun pemilihan PTN serta jurusan sudah diajarkan oleh para guru atau tentor di bimbel masing-masing. Tinggal bagaimana kita bisa konsisten dan maksimal dalam menerapkannya. Semoga manfaat :).

Comments

  1. Intinya PTN atau PTS sama saja yang penting kita tahu dengan tujuan kita kuliah :)

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts