Program Jampersal (Definisi, Fungsi & Manfaat)

Selama ini mungkin kita sudah terbiasa "pesimis" dengan segala macam bentuk program pemerintah :). Wajar ini terjadi karena memang ada banyak contoh yang tidak berjalan sesuai rencana. Entah itu hanya menjadi slogan atau hanya dinikmati sebagian kalangan.

Tapi tidak semuanya seperti itu, bilapun ada kekurangan disana-sini masih bisa dimaklumi karena toh tak ada yang sempurna di dunia ini :). Salah contoh program pemerintah yang sangat mulia dan telah berjalan cukup baik adalah program Jampersal.


Apakah program Jampersal itu ? (sumber: www.kesehatanibu.depkes.go.id) Jampersal adalah singkatan dari jaminan persalinan, sebuah program dari Departemen Kesehatan berdasarkan Permenkes No.252 / Menkes / Per / XII / 2011 tentang Petunjuk teknis jaminan persalinan. Kegiatan Jampersal secara resmi dilaksanakan di seluruh Indonesia sejak Januari 2012.

Pengertian umum dari program Jampersal adalah program pemeriksaan kehamilan (antenatal), persalinan dan pemeriksaan masa nifas (postnatal) bagi seluruh ibu hamil yang belum mempunyai jaminan kesehatan serta bayi yang dilahirkannya pada fasilitas kesehatan yang bekerjasama dengan program jaminan persalinan terintegrasi dengan program JAMKESMAS. (sumber: www.jamsosindonesia.com)

Apakah tujuan  program Jampersal ? Tujuan program ini warcoff jadikan satu sebagai berikut : 
  • Meningkatkan akses pemeriksaan kehamilan (antenatal), persalinan, dan pelayanan nifas dan bayi baru lahir yang dilahirkannya (postnatal) yang dilakukan oleh tenaga kesehatan  dengan menghilangkan hambatan finansial dalam rangka menurunkan AKI dan AKB.
  • Memberikan kemudahan akses pemeriksaan kehamilan (antenatal), persalinan, dan pelayanan nifas ibu, dan bayi baru lahir yang dilahirkannya  (postnatal) ke tenaga kesehatan
  • Mendorong peningkatan pemeriksaan kehamilan (antenatal), persalinan,  dan pelayanan nifas ibu dan bayi baru lahir (postnatal) ke tenaga kesehatan.
  • Dengan dukungan Jampersal diharapkan makin mengurangi hambatan finansial yang dihadapi masyarakat yang selama ini tidak memiliki jaminan pembiayaan persalinan, agar mereka dapat mengakses pelayanan kesehatan ibu yang berkualitas, dalam upaya percepatan penurunan Angka Kematian Ibu di Indonesia.

Apa saja bentuk layanan dari Jampersal ? Bentuk pelayanan jampersal pada intinya tidak hanya meliputi pelayanan persalinan tapi juga termasuk dengan ketersediaan fasilitas kesehatan seperti puskesmas, bidan swasta, rumah sakit pemerintah/swasta, rumah bersalin dan sejenisnya yang telah bekerjasama dengan pihak terkait. (untuk lebih jelas bisa dilihat disini)

Bagaimana contoh penerapan di daerah ? Di Palembang sendiri program ini telah berjalan cukup baik dan sudah banyak dirasakan manfaatnya secara langsung oleh masyarakat. Contohnya adik warcoff yang beberapa bulan lagi melahirkan. Dimana persyaratan untuk mendapatkan layanan Jampersal ini tidak rumit cuma melengkapi prosedur berikut :
  • KTP
  • KK
  • Surat keterangan lurah
  • Surat periksa puskesmas
Dan sudah ada kerjasama dengan beberapa rumah sakit swasta, bidan swasta, klinik bersalin, etc sehingga penerapan program ini di Palembang bisa berjalan sesuai yang diharapkan. Tapi perlu diketahui jika program Jampersal ini diutamakan untuk kelahiran anak pertama dan kedua saja, jadi untuk kelahiran anak ketiga dan seterusnya tidak diprioritaskan untuk mendapatkan Jampersal hehe.

Secara keseluruhan program Jampersal ini sangat bermanfaat terutama bagi kalangan menengah ke bawah dan harapan kita semua tentu program ini dijauhkan dari segala macam bentuk korupsi/penyalahgunaan hingga bisa langgeng dan secara maksimal bisa dirasakan oleh masyarakat yang membutuhkan. Semoga manfaat :).

Comments

  1. oot : hayoo cepetan dirilis novel jerry nya hehee

    ReplyDelete
  2. ikut seneng jika ada program pemerintah yang sukses seperti ini. moga2 menginspirasi untuk program yang lain.

    ReplyDelete
  3. dijauhkan
    dari segala macam
    bentuk korupsi/
    penyalahgunaan hingga
    bisa langgeng dan secara
    maksimal..
    Bagian ini yg paling sya suka,.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts