Transaksi Elektronik (Definisi, Kasus & Pencegahan)

Kasus kejahatan di dunia maya bukanlah hal baru dan masih terus terjadi meskipun sudah banyak pengguna internet yang waspada terhadap segala bentuk jenis kejahatan tersebut. Seperti yang terjadi di Jawa Timur, dimana Polda Jatim mencatat kasus kejahatan dunia maya atau kejahatan siber meningkat dengan kasus yang paling menonjol adalah penipuan konsumen yang belanja melalui toko online/transaksi elektronik.

Tercatat hingga Mei ini ada 15 kasus kejahatan dunia maya di seluruh jajaran Polda Jatim, dan data tahun 2011 tercatat 48 kasus kejahatan siber yang terdiri dari 23 kasus penipuan dari toko online/transaksi elektronik, tiga kasus kesusilaan, satu kasus pengancaman, 12 kasus pencemaran nama baik, tujuh kasus hacker, dan 2 kasus manipulasi (perusakan) informasi/dokumen elektronik. (sumber : yahoo news !)

Modus penipuan belanja online/transaksi elektronik yang paling sering terjadi adalah tidak mengirim barang yang dipesan setelah korban membayar uang dan spesifikasi atau kualitas barang tidak sesuai dengan promosi barang yang ditawarkan.

Sebelumnya apakah definisi transaksi elektronik ? Berdasarkan Undang-Undang Informasi dan Transaksi elektronik (ITE) Bab I pasal 1 ayat 2 pengertian Transaksi Elektronik adalah perbuatan hukum yang dilakukan dengan menggunakan Komputer, jaringan Komputer, dan/atau media elektronik lainnya.

Apakah penyebab kasus penipuan ini terjadi ? Kasus penipuan pada transaksi elektronik memang sering terjadi karena mudahnya para calon konsumen terbuai oleh "harga" yang murah tanpa melakukan observasi terlebih dahulu terhadap "kualitas" dari toko online yang bersangkutan. Kualitas yang dapat diukur dari alamat si pengirim, perbandingan harga yang sesuai, lokasi, dan minimnya laporan kasus dari para konsumen mereka.

Bagaimana kategori penipuan terhadap konsumen transaksi elektronik ? Berdasarkan UU_ITE bab VII pasal 28 ayat 1, kategori penipuan/oknum penipu pada transaksi elektronik adalah sebagai berikut : Setiap Orang yang dengan sengaja dan tanpa hak menyebarkan berita bohong dan menyesatkan yang mengakibatkan kerugian konsumen dalam Transaksi Elektronik.

Apakah hukuman terhadap pelaku penipuan transaksi elektronik ? Pada Bab XI tentang ketentuan pidana pasal 45 ayat 2 disebutkan : Setiap Orang yang memenuhi unsur sebagaimana dimaksud dalam Pasal 28 ayat (1) atau ayat (2) dipidana dengan pidana penjara paling lama 6 (enam) tahun dan/atau denda paling banyak Rp1.000.000.000,00 (satu miliar rupiah)

Perlindungan pemerintah terhadap para konsumen transaksi elektronik sudah sangat jelas dengan penerapan UU_ITE diatas. Namun masalahnya masih sulit untuk menangkap para pelaku penipuan tersebut karena keterlambatan pengaduan hingga pelaku keburu menghilang, keterbatasan teknologi untuk melacak keberadaan si pelaku, dan belum adanya kontrol yang konsisten dari pihak terkait terhadap keberadaan dan perkembangan toko-toko online yang ada.

Tapi kekurangan pengawasan itu masih bisa dimaklumi karena memang tidak mudah melakukan kontrol ketat di dunia online ini :). Jikapun UU-ITE ini diterapkan secara tegas maka tidak hanya toko online yang dibatasi tapi juga akan berpengaruh luas seperti pemblokiran web-web penyedia download film gratis, software gratis, etc . Kalau itu terjadi tentu para free downloader mania seperti warcoff akan merasa sangat kehilangan hahahahaha.

Kembali ke masalah penipuan di transaksi elektronik, pada dasarnya dapat dibantu pencegahannya oleh kita sebagai masyarakat pengguna internet minimal dengan berbagi informasi tentang toko-toko online yang bermasalah. Yang penting apa yang kita sampaikan itu jujur apa adanya dan bukan bermaksud menjelekkan nama orang lain. Semoga manfaat.

Comments

  1. hukuman maksimal yang cuma 6 tahun itu yang bikin kita sangat gemas. setelah itu dapet grasi dan remisi pula kan. padahal ekses yang diakibatkannya bisa merugikan pihak lain secara habis-habisan.

    ReplyDelete
  2. hmm saya pernah belanja online tapi hasilnya mengecewakan. mutunya gak bagus banget. tapi kalo utk buku sih sering beli online karena murah dan kualitasnya bagus.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts