Efektifitas Iklan Melalui HP/Modem

Setiap pelanggan operator seluler apapun pasti terbiasa menerima sms informasi dari pihak operator, entah itu info bonus, poin, iklan, etc. Bahkan tidak hanya dari operator bersangkutan bahkan ada sms masuk dari nomor-nomor alien (asing n gak jelas) yang menawarkan beragam jasa.

Sebagai pengguna, warcoff pribadi merasa sangat terganggu dengan itu terutama pada modem yang sedang digunakan untuk browsing di internet. Efeknya bagi warcoff sangat berpengaruh pada kecepatan internet, sudah lemot jadi tambah lemot gara-gara sms seperti itu :).

Terkait dengan itu, warcoff ingin membahas tentang iklan oleh operator seluler atau "para alien" yang melalui HP atau modem. Seperti kita ketahui iklan melalui HP/modem adalah salah satu saluran (channel) promosi yang efisien terutama bagi pihak operator itu sendiri. Sedangkan para "alien" memanfaatkan bonus sms gratisnya untuk menyebarkan penipuan atau iklan usaha mereka ke sembarang nomor.

Apakah iklan melalui HP efektif ? Jika menilik hasil survey Nielsen, jumlah pengguna ponsel per Mei 2012 telah mencapai 125 juta orang dari 238 juta penduduk.  Melihat jumlah yang besar tersebut, bisa dikatakan iklan akan efektif terutama dari sisi penyebaran dan penyampaian. Nah jadi wajar jika para operator seluler dan alien tersebut rajin mengirimkan info atau iklan ke setiap pengguna. Mungkin hitung-hitungannya seperti undian berhadiah, karena pasti dari jutaan pengguna tersebut ada yang tertarik ataupun tertipu. 

Selain itu Iklan bisa disesuaikan sesuai klasifikasi konsumen yang diinginkan dimana database data-data pribadi pemilik HP dimiliki oleh setiap operator tersebut. So akan lebih  mudah membagi segmen-segmen konsumen berdasarkan sasaran yang dituju. 

Tapi, dengan maraknya sms-sms penipuan yang lagi trend seperti tolong kirim uang ke rek ini, mama minta pulsa, etc. Membuat para pengguna menjadi tidak tertarik dan mewaspadai  setiap sms yang masuk, apalagi dari nomor yang tak dikenal. So mungkin iklan melalui HP atau modem saat ini masih belum efektif, walau memang sangat efisien dari segi penghematan biaya :). Semoga manfaat.

Comments

  1. iya, keberadaan iklan itu pasti dikacaukan dengan dengan sms kacau itu Mas. cuma kalo pengirim sms sudah terdeteksi dari sebuah lembaga (tertulis eksplisit), dan bukan dari nomor biasa, baru kita bisa percaya.

    ReplyDelete
  2. Terima kasih informasinya..
    I like it

    ReplyDelete
  3. . . aq juga merasa terganggu banget. tapi setelah itu aq set n nope yg gak kenal pasti langsung ter-blacklist. jadi alhamdulillah sekarang udah gak terganggu lg aq. he..86x . .

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts