Komite Warisan Budaya Nasional (KWBN)

Terkait dengan hobinya Malaysia mengklaim budaya kita, akhirnya Pemerintah membentuk Komite Warisan Budaya Nasional. Komite tersebut bertugas mencatat semua warisan budaya nasional di Indonesia.

Terlambat ? tidak juga, cuma kurang tanggap saja hehehe, mungkin baru sekarang terpikirkan untuk mencatat, padahal dari SD sampai Sarjana, tugas mencatat adalah bagian dari kurikulum pendidikan yang tidak resmi hehe.

Mencatat sajapun tidak cukup tanpa ada bukti jika budaya-budaya yang tercatat nantinya adalah benar-benar asli Indonesia. Terus bagaimana seharusnya ? Yah jangan cuma dicatat tapi juga dipelihara dengan memberikan perhatian khusus, terutama kepada para seniman daerah yang sudah susah payah melestarikan adat dan kebudayaan mereka.

Lihat saja, betapa uzurnya para seniman yang masih melestarikan seni budaya asli daerah mereka. Tidak ada regenerasi karena pemerintah pusat dan daerah tidak turut campur untuk mengembangkannya. Mereka baru akan "menengok", lalu "berteriak" ketika ada negara lain yang mengakui seni budaya warisan tersebut.

Selain itu, kalau tugas komite tersebut hanya mencatat tidak butuh para ahli kebudayaan yang pada akhirnya hanya menghabiskan uang negara untuk membayar dan membiayai perjalanan mereka ke setiap daerah, serahkan saja pada tenaga administrasi atau para mahasiswa yang tersebar di seluruh penjuru tanah air yang ditugaskan khusus untuk "mencatat" warisan budaya.

Namun apapun itu pembentukan komite warisan budaya nasional harus tetap kita hargai, paling tidak ada usaha dari Pemerintah untuk lebih "serius" dalam melindungi dan menjaga warisan budaya Indonesia :). Semoga manfaat.

Comments

  1. tapi Mas, apa kira-kira keberadaannya tidak menimbulkan inefisiensi pada anggaran negara, yang kayak gini? lalu dimana peran kementerian pendidikan dan kebudayaan. atai lembaga ini ada di bawah naungannya ya?

    ReplyDelete
  2. Tes.. Saya kirim komen tapi gak masuk ya Mas.

    ReplyDelete
  3. ya bersyukurlah sudah nau mencatat daripada dicatat orang, tinggal perawatannya saja nanti

    ReplyDelete
  4. selain mencatat jg perlu dibukukan ke PBB.., agar seluruh dunia tau... *smile

    ReplyDelete
  5. kita juga butuh satu komite lagi..
    komite untuk membungkam malaysia!

    ReplyDelete
  6. harusnya selain di catat, didaftarkan juga. trus di jaga juga... kl cuma dicatat aja.. catatan hanya tinggallah kenangan semata #tsaaaaahhh

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts