Mal Online (Pusat Jual-Beli di Dunia Maya)

Para pelaku usaha saat ini mempunyai lebih banyak kemudahan dalam memasarkan produk mereka. kemudahan tersebut antara lain tempat dimana mereka bisa memasarkan produknya khususnya melalui dunia maya.

Ada banyak pilihan selain membuka toko online pribadi, yaitu melalui beberapa situs iklan vertikal yang sudah ada seperti tokobagus, Berniaga, Lazada etc. Maraknya situs iklan vertikal ini seiring dengan semakin mudah dan luasnya pemakaian internet di negeri ini sehingga transaksi online banyak diminati oleh para konsumen.

Situs iklan vertikal ini pada dasarnya menjadi tempat berkumpulnya toko-toko online pribadi ataupun pedagang personal serta perusahaan pada satu tempat. Dan peluang ini ternyata juga dilirik oleh salah satu provider internet, IM2 dengan meluncurkan layanan Tokoon.com sebagai fasilitas jual-beli online pada tanggal 28 juni kemarin, dengan tag line "toko nyaman transaksi aman".

Dimana konsep dari Tokoon.com ini adalah sebagai sebagai mal online, karena merupakan kumpulan dari banyak toko online. (sumber : yahoo!.com)

Jika situs iklan vertikal lain menargetkan semua kalangan sebagai konsumen mereka, maka Tokoon memfokuskan pada para pelaku UKM dan wirausahawan mandiri sebagai target utama, selain itu mereka bekerjasama langsung dengan kementerian UKM dan Koperasi untuk menjamin keamanan dan kenyamanan transaksi. 

Mereka tidak hanya disediakan tempat, tapi juga diberikan pendampingan/bimbingan untuk masuk ke bisnis online. Dan seperti yang dijelaskan pada situs tersebut, ada tiga keuntungan utama yang ditawarkan, yaitu :

1. Hemat, yang meliputi :
  • Gratis registrasi dan biaya bulanan
  • Fee hanya dikenakan pada transaksi yang terjadi
  • Gratis web hosting 1 GB
  • Gratis subdomain dan dapat dibuat sesuai nama toko Anda
  • Gratis training pembuatan toko online
2. Aman dan Nyaman, meliputi :
  • Tersedia informasi biaya dan monitoring pengiriman barang yang akurat.
  • Sistem pembayaran yang terpercaya & AMAN
  • Sistem keamanan Toko Online yang handal
  • Didukung penuh oleh Indosat Group, Kementerian UKM dan Kementerian Koperasi
  • Customers Care Online via email 24 jam
3. Marketing Online yang handal, meliputi :
  • Produk usaha akan dipromosikan oleh TOKOON melalui berbagai media online seperti twitter, facebook, online forum
  • Menjangkau  pembeli  dari seluruh penjuru dunia

Terkait dengan postingan warcoff tentang persaingan tokobagus dan berniaga, maka kehadiran Tokoon membuat arena persaingan akan semakin meningkat, so kita lihat saja bagaimana nantinya. Dan jika ditanya lagi siapa yang untung ?  nah tanya siapa hehe. 

Sebagai catatan, adalah penggunaan istilah mal online yang menjadi konsep dari Tokoon. Ini menarik karena ada persamaan yang terjadi di dunia nyata. Dimana pergeseran dari toko online lalu berkembang menjadi mal online.

Bisa dibayangkan nanti kedepan, di dunia maya akan bermunculan mal-mal online yang menaungi ratusan hingga ribuan toko online. Kelebihannya dibandingkan mal di dunia nyata tentu saja tidak perlu lahan luas hingga menggusur banyak rumah atau merubah ruang publik menjadi ruang privat terbuka :). Semoga manfaat.

Comments

  1. aku senang sebenarnya dengan toko online. tapi di indonesia belum ada yang sekelas amazon dan ebay. cuma aku yakin nanti pasti sampai sana.

    ReplyDelete
  2. saya sebenarnya sepakat banget dengan efisiensi dan segenap kepraktisannya. tapi saya kadang ragu, an tidak semua pihak bisa kita andalkan untuk menjadi amanah kan ya Mas..
    cuma kekuatiran saja sih..

    ReplyDelete
  3. tapi teteplah ya
    yang namanya manusia itu kan butuh bertatap muka kann

    ReplyDelete
  4. @deady : jika konsumen dan penjualnya masih dalam satu area tentu bisa ketemu toh :) so intinya mal online ini mempermudah konsumen memilih produk yg dibutuhkan :)

    ReplyDelete
  5. rata-rata temen saya memang ngandalin media ini, Mas. apalagi dibenturkan sama kesibukan masing-masing, ini menjadi solusi praktis.

    ReplyDelete
  6. wahhh asyik banget dah kalo ada mall online kaya gini..

    cukup depan komputer saja

    ReplyDelete
  7. ah,.. mantep gan artikelnya,.. mampir ya di blog ane,. ane tunggu,.. >_<

    ReplyDelete
  8. Wah saya ada banyak pengalaman belanja online mas. Salah satu diantaranya belanja baju dan pakaian anak anak di Tanah Abang Dot Kom. Cepet dan kualitasnya juga baik. Hihihihi. Walah malah jadi promosih hihihihi

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts