Persaingan Tokobagus vs Berniaga (Siapa yang untung ?)

Di dunia maya ini, tumbuh subur berbagai macam jenis usaha. Dan salah satu jenis usaha itu adalah situs iklan baris. Seperti kita ketahui situs tersebut khusus menyediakan tempat bagi para pelanggannya memasang iklan usaha dan produk mereka, baik itu gratis ataupun berbayar.

Semakin majunya perkembangan internet membuat tingkat persaingan menjadi semakin tinggi, hingga membuat para pemilik situs tersebut harus melakukan banyak inovasi agar bisa bertahan dan semakin menarik banyak konsumen memasang iklan ditempatnya.

Salah satu inovasi tersebut adalah mereka mengembangkan situs iklan baris menjadi situs iklan vertikal, dimana tampilan iklan tidak hanya berupa huruf atau angka tapi juga disertai gambar dan informasi yang lengkap tentang produk yang diiklankan.

Selain itu mereka juga menambahkan fasilitas-fasilitas tertentu untuk memberikan layanan yang lebih baik, salah satunya jaminan keamanan agar pihak penjual dan pembeli terhindar dari tindakan penipuan yang sering terjadi di transaksi online.

Dari beberapa situs iklan vertikal yang ada di Indonesia, ada dua situs yang paling terlihat menonjol diantara usaha sejenis lainnya, yaitu Tokobagus dan Berniaga.

Apakah Tokobagus dan Berniaga itu ? Jika kita melihat menu about us di kedua situs tersebut, maka disebutkan Tokobagus adalah sebuah situs dimana perusahaan dan perorangan dapat menjual dan membeli produk maupun jasa. Sedangkan Berniaga adalah tempat mempertemukan pembeli dan penjual agar mendapatkan penawaran terbaik dengan cara yang mudah dan aman

Sekarang kita coba melihat tag line dari kedua situs tersebut, sebagai berikut :
1. Tagline di situs tokobagus.com = Jual Beli Bagus
2. Tagline di situs berniaga.com = Jual Beli di Seluruh Indonesia

Kedua tagline tersebut menegaskan tentang "Jual Beli" yang menunjukkan jika mereka adalah situs tempat jual beli. Jika tokobagus menekankan sebagai tempat jual beli yang bagus (berkualitas) maka berniaga menekankan sebagai tempat jual beli yang mencakup seluruh Indonesia.

Jika kita perhatikan persaingan diantara mereka cukup tinggi meskipun Berniaga masih tergolong baru tapi gebrakannya tidak kalah dengan pemain lama seperti Tokobagus. Bahkan kedua situs tersebut sudah memasang iklan di televisi (jam prime time) dimana seperti kita ketahui biaya promosi di jam tersebut tersebut tidak murah.  

Terlihat disitu jika mereka sangat menyadari arti persaingan, dan salah satu usaha memenangkan persaingan adalah "sikap tidak mau kalah" menjadi motivasi serta keharusan tersendiri meskipun harus berpromosi di media televisi dengan budget yang tinggi.

Iklan di televisi memang mampu menjangkau semua kalangan hingga pelosok desa, sekaligus memancing pertanyaan diantara pemirsa yang jarang atau bahkan belum pernah menggunakan internet. Contohnya, bibinya warcoff bertanya, apa itu tokobagus ? setelah beliau melihat iklan tersebut. Bayangan beliau tokobagus itu seperti mall atau supermarket dan sejenisnya :).

Untuk iklan Berniaga ada poin yang menarik menurut warcoff, iklan tersebut menyajikan ilustrasi yang cukup lengkap dan mudah dipahami dimana menggambarkan proses bertahap dari niat awal menjual kemudian memasang iklan lalu ada pembeli yang tertarik hingga akhirnya diakhiri dengan tagline "menjual mudah pembeli senang".

Melihat persaingan diantara dua situs tersebut sekilas terkesan lucu, dimana "usaha penyedia tempat iklan tapi juga aktif beriklan" :), tapi disinilah bukti kalau promosi adalah harga mati bagi suatu perusahaan apapun bentuk usaha dan produknya agar terus bisa bertahan dan semakin berkembang. 

Inilah pelajaran yang dapat kita ambil, terutama bagi kita sebagai wirausahawan. Tentu bedanya, bagi wirausahan kecil dan menengah dalam memilih tempat dan cara promosi harus disesuaikan dengan budget yang ada.

Bagaimana caranya ? yah salah satunya kita manfaatkan kedua situs iklan vertikal tersebut dengan maksimal untuk membantu mempromosikan usaha kita. So semakin mereka giat berpromosi di media televisi hingga makin terkenal, otomatis iklan kita di kedua situs tersebut juga semakin banyak yang melihat. Jadi siapa yang untung ? tanya siapa :). Semoga manfaat.

Comments

  1. Padahal aq dulu pas masih unyu unyu nya ngenet, mereka nggak keliatan loh.

    akhir akhir ini aja iklan dimana mana.
    pengiklan mengiklankan diri.

    mpe ditipi juga.
    niat banget ya om..

    ReplyDelete
  2. karena saya nggak terlibat secara emosi dengan 2 ikon itu, mungkin saya memilih untuk pasif saja menyaksikan progress mereka. tapi jelas ini fenomena baru dan menarik. dan rasanya ini tema yang layak buat diangkat ke judul skripsi atau thesis.

    ReplyDelete
  3. mmg sih, sjk liat iklannya jadi tertarik beli disana. cuma msh kuatir kalo ada "penjual fiksi". uang dah dikirim, barang ga ada dtg2 juga. apa penjual2 di berniaga.com sudah dijamin smua bnr2 ada bukan fiksional?

    ReplyDelete
  4. makin byk situs jualan online skrg ini ya.ada enaknya ada ngga nya. enaknya kita bs beli barang2 yg ga dijual di kota kita. ga enknya kalo ketipu aja. gmnpun dumay rawan penipuan

    ReplyDelete
  5. @Miawruu : menurut saya, tidak ada yg bisa memastikan "ketidakfiksian" seorang penjual di dunia maya, tapi paling tidak berbelanja melalui kedua situs tersebut ada jaminan dari pihak pengelola terhadap keamanan transaksi disana. So jika terjadi hal yg tidak diinginkan tggl komplain pada mereka sesuai aturan yg berlaku :)

    ReplyDelete
  6. yang untung yah televisi yang di pasangin iklan...
    hehehehe....

    ReplyDelete
  7. @koko : kalau gak gitu tipi2 gak ada duit bro hehehe

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts