Sistem Operasi & Browser Yang Populer Digunakan Pengunjung Blog (Data Kuantitatif)

Survey pasar merupakan salah satu aktifitas wajib bagi setiap perusahaan produk dan jasa. Ada banyak manfaat bisa didapatkan yang berguna untuk pengembangan strategi pemasaran perusahaan tersebut.

Namun tidak setiap perusahaan mempunyai departemen khusus yang menangani masalah survey pasar ini, sehingga tidak heran jasa konsultan research masih banyak dibutuhkan. Yang pasti survey pasar membutuhkan waktu dan biaya yang tidak sedikit serta harus dianalisa dengan alat ukur yang handal dan terpercaya agar hasilnya tidak sia-sia.

Selain itu data-data lengkap hasil survey pasar suatu perusahaan dan lembaga khusus survey sepenuhnya menjadi hak milik mereka dan pada umumnya bukan untuk disebarluaskan. Kecuali data survey yang bersifat non komersial seperti data popularitas calon gubernur, pendapat masyarakat terhadap suatu program pemerintah, dan sebagainya.

Terkait dengan data survey, untuk pengguna blogspot pada khususnya yang rajin melihat menu statistik blog pasti sering memperhatikan frekuensi pengunjungnya dari tabel yang tersedia. Disitu tidak hanya disajikan tentang jumlah pengunjung perhari, post dan laman yang paling populer, asal negara pengunjung tapi juga data pengguna browser dan sistem operasi yang paling banyak dipakai pengunjung.

Apakah data tersebut termasuk data survey ? Iya, karena survey pada dasarnya adalah pengamatan/observasi yang bisa dilakukan oleh manusia atau mesin, dan hasilnya bisa berwujud data kualitatif dan kuantitatif yang kemudian ditabulasikan.

Nah data jumlah pengguna sistem operasi dan browser tersebut bisa menjadi data penting bagi perusahaan, karena sifatnya global, artinya data tersebut bisa mewakili semua tipe pengunjung blog yang ada di Indonesia pada khususnya. Dan data ini akan lebih baik lagi jika ada perbandingan dengan data dari blog lain yang mempunyai traffic lebih tinggi :). Disini akan ditampilkan dua tabel tersebut dari data statistik blog warcoff saja, sebagai berikut :

data pengguna sistem operasi tertentu di waroeng coffee

Tabel 1. Prosentase pengunjung dengan sistem operasi tertentu

Dari tabel 1 periode May 2009- Juni 2012, dapat disimpulkan jika hampir sebagian besar pengunjung warcoff adalah pengguna windows (91%), berikutnya adalah prosentase pengguna Blackberry yang lebih besar daripada SO populer lainnya.

Ada banyak kesimpulan yang bisa diambil dari tabel 1 diatas tergantung dari kebutuhan apalagi jika dibandingkan dengan karakteristik pengunjung yang meliputi usia, jenis kelamin, pekerjaan dan asal negaranya. Tabel tersebut juga bisa berguna untuk mengetahui pangsa pasar merek atau jenis SO tertentu.

Selain tabel diatas, warcoff juga tampilkan tabel prosentase pengunjung yang menggunakan browser tertentu sebagai berikut :

data pengguna browser tertentu di waroeng coffee

Tabel 2. Prosentase pengunjung dengan browser tertentu

Dari tabel 2 didapatkan browser firefox digunakan oleh 62 % pengunjung, 19 % menggunakan Chrome, 9 % menggunakan Opera, dan IE hanya menempati posisi keempat dengan hanya sebesar 4%. Seperti tabel 1, data ini sangat bermanfaat terutama untuk kepentingan komersial tinggal bagaimana metoda yang digunakan dalam menganalisanya.

Warcoff sendiri dari dulu lebih sering menggunakan windows sebagai sistem operasi, baik itu di PC ataupun di laptop dan notebook. Warcoff jarang menggunakan HP untuk browsing internet karena dua alasan, pertama HPnya jadul hehehe dan kedua PC dan laptop bisa memenuhi kebutuhan warcoff yang terbiasa menggunakan internet sambil bekerja :).

Warcoff juga lebih sering memakai firefox karena lebih nyaman dipakai dibanding yang lain, tapi untuk browsing di web tertentu warcoff menggunakan IE dan Opera karena lebih ringan/cepat :).

Kembali ke data survey tadi, data dari blog kita tersebut bisa dipercaya karena berdasarkan perhitungan harian bahkan detik dengan alat ukur yang handal. So warcoff bisa membayangkan mbah Google bisa mendapatkan banyak pemasukan dari data-data seperti itu jika dijual ke perusahaan-perusahan yang membutuhkan atau perusahaan bisa bekerjasama dengan kita para blogger jika membutuhkan data-data seperti itu hehehe. Semoga manfaat.

Comments

  1. oot : emang mau buat lomba apa? boleh aja jadi juri. Tapi lomba apa nih? hehhe..hadiahnya bk kumcer aku aja ya. wkkk...aku kasih diskon lho. hehhee

    ReplyDelete
  2. hal yang ringan, tapi kadang kurang kita perhatikan. ialah statistik. padahal dari situ kita dapat refleksi yang bermanfaat ya. boleh nih, keren.

    ReplyDelete
  3. hmm..
    saya juga tidak terlalu peduli dengan yang disebutkan diatas...

    tapi yang paling enak memang yang melihat dari mana asal pemirsa kita, lewat URL mana dan statistik blog yang lain.. :)

    ReplyDelete
  4. @Affan : spt yg saya tulis diatas memang dua jenis tabel itu lebih berguna bagi perusahaan terkait, tapi itu jg bisa berguna bagi kita jika persh2 terkait mau bekerjasama yaitu dgn berbagi data kita para blogger pd mereka hehehe

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts