Menjadi Marketer (Peluang kerja terbesar)

Bekerja di dunia marketing adalah  jenis pekerjaan yang menarik dan membuat kita lebih menguasai banyak jenis pengetahuan. Ini dari pengalaman teman-teman  warcoff sendiri yang dari awal lulus kuliah kemudian bekerja di bidang marketing, padahal basic pendidikan mereka adalah dari Tehnik. Atau sahabat-sahabat SMA yang lulus langsung bekerja menjadi marketer dan kini mereka sudah punya usaha sendiri yang maju dan bisa diandalkan.

Memang ada image yang memandang "rendah" pada prosesi ini bahkan merasa gengsi jika sudah sekolah tinggi-tinggi hanya bekerja sebagai marketer, apalagi jika jurusan yang mereka ambil sangat berbeda. 


Padahal ada banyak manfaat terutama pada pembentukan "karakter" yang kuat terhadap segala perubahan yang terjadi. Berikut warcoff paparkan apa saja "kelebihan" para sahabat warcoff yang bekerja di  bidang marketing :

1. Wawasan yang lebih luas
2. Mempunyai link (teman) yang lebih banyak dan beragam
3. Pandai menyiasati setiap perubahan
4. Luwes dan lebih mudah bergaul dengan semua kalangan
5. Berani mengambil resiko dengan perhitungan yang matang
6. Mudah beradaptasi dengan lingkungan apapun
7. Mempunyai jiwa kepimpinan, tegas
8. Selalu optimis atau berpikir positip

Kelebihan-kelebihan itu terbentuk bukan karena mereka semua punya dasar atau bakat, tapi diciptakan oleh  kondisi yang ada. Selain itu pengalaman di marketing ini bisa dipakai di bidang pekerjaan lain, karena pada dasarnya setiap jenis pekerjaan selalu ada unsur marketingnya.

Contoh sederhana, seorang blogger yang ingin menghasilkan uang dari blognya, tentu dia harus bisa menciptakan "nilai jual" yang bisa dibentuk dari tampilan blog, isi, etc. Dan itu semua minimal harus paham ilmu marketing meski hanya dasar :).

Sebelumnya tulisan ini bukan bermaksud menganggap tidak berarti jenis pekerjaan lain, tapi lebih ke pemberian motivasi bagi para pencari kerja untuk bisa lebih membuka mata tentang manfaat dari jenis pekerjaan yang paling mendominasi lapangan kerja di negeri ini :).

Memang, tak ada yang ingin bekerja diluar bidang yang dipelajarinya, tapi kenyataan negeri ini belum bisa menampung setiap pekerja sesuai menurut bidang studinya, so kenapa harus berpikir 1000 kali, jika kesempatan kita hanya menjadi marketer karena dunia marketing ini mengajarkan banyak hal yang belum tentu bisa kita dapatkan di bidang pekerjaan yang lain :). Semoga manfaat.


Comments

  1. iya, ini terobosan profesi yang mempunyai multi manfaat ya Mas. saya terkesan dengan 8 point di atas itu. menantang kan ternyata.

    yang agak miris di negeri ini memang soal itu, membeda-bedakan anggapan terhadap profesi. bandingkan dengan di luar negeri sana, semua profesi sama dan saling menghargai.

    ReplyDelete
  2. secara tidak terfikir kalau manusi semuanya memiliki pemikiran seorang marketer :)

    ReplyDelete
  3. bener banget mas , saya sebagai marketing online juga merasakan seperti itu ..
    sukses trus ya :)

    ReplyDelete
  4. yg penting kerja halal, gak sesuai dg jurusan wkt kuliah gak papa.

    ReplyDelete
  5. mia udah beberapakali nyoba jadi marketing, gagal mulu booww hahaha... mmg ga ada bakatnya disana. makanya salut sama org2 yg bs bertahan di dunia marketing :)

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts