Kebiasaan menulis (Faktor dan Kondisi)

Menulis di bulan ramadhan ini harus tetap menjadi prioritas meskipun dalam keadaan lapar dan dahaga hehe. Tapi memang mungkin bagi sebagian orang, khususnya warcoff sendiri di bulan puasa ini tidak bisa seaktif di bulan biasa dalam hal frekuensi atau banyaknya tulisan yang bisa di publish di blog.

Hal ini selain dipengaruhi kegiatan di dunia nyata tapi juga oleh pola kebiasaan warcoff dalam berkarya, dimana salah satunya harus ada secangkir kopi yang menemani hehe. Nah oleh karena itu, untuk menulis di siang hari terasa berat. Sedangkan malam terasa singkat dengan semua aktifitas ibadah yang harus dilakukan sehingga konsentrasi untuk menulis menjadi berkurang.

Memang itu semua seharusnya bukanlah halangan kita untuk lebih produktif, tapi pengaruh "kebiasaan" menjadi suatu penghambat untuk bisa berpikir lebih fokus. Untuk merubah itu bagi warcoff cukup sulit sehingga kadang aktifitas menulis harus dipaksakan :).

Dan harus diakui, setiap orang pasti punya kebiasaan tersendiri yang menjadi faktor pemicu kreatifitasnya dalam menghasilkan sesuatu. Intinya untuk mendukung kenyamanan kita bekerja, biasanya harus ada sesuatu yang menjadi pemicu, entah itu suasana yang kondusif, makanan atau minuman yang enak dan sebagainya.

So jika ditanya bagaimana solusinya agar bisa rutin menulis, semua kembali ke pribadi masing-masing. Karena itu juga kembali kepada tingkat keinginan seseorang dalam menulis, dimana kadang memang harus dipaksakan :). Dan jika berkaca pada tulisan warcoff terdahulu, tentu apapun kondisinya menulis telah menjadi kebutuhan. Semoga manfaat.

Comments

  1. sy setuju jika kita menjadikn menulis adalh sbuah kebutuhan. bahkan bagi saya, mnulis trmasuk dalam penguat batin.

    :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya, bener gan menulis itu buat aku juga kebutuhan yang sangat penting sekali untuk menuangkan ide dan kreatifitas.

      Delete
  2. super sekali postingannya..
    apapun kondisinya, menulis salah satu aktivitas yang harus aku tulis karena tulisan sebagai perjalanan hidupku.. :)

    ReplyDelete
  3. ya, kalo menulis udah menjadi kebutuhan, itu yang mengesankan. kalo saya hanya sekedar ekspresi si Mas Warcoff. btw, memang suka minum kopi ya?

    ReplyDelete
  4. menulis gak usah kita ungkapkan sudah kita rasakan manfaatnya, banyak pokoknya. tapi jangan sampai kecanduan, kalau ngopi boleh kecanduan, itu menurut saya masbro.

    ReplyDelete
  5. @Zach : menurutku ekspresi itu juga bagian dari kebutuhan mas :) sebenernya ane yg mau angkat disini soal kebiasaan yang mengiringi kebutuhan, nah ngopi salah satunya sebagai kebiasaan yg berkembang jadi kebutuhan hehe.
    Ane penggemar ngopi mas, tapi tetep maksimal 2 cangkir kopi sehari :)

    ReplyDelete
  6. aku hadir lagi mas.. :)
    salam kopi secangkir.. hehhe

    ReplyDelete
  7. wahhh kkalo saya menulis hanya sekedar menyampaikan isi hati atau pengetahuan bahkan pengalaman yg saya miliki...
    tidak peduli orang berkata apa selama itu masih dalam aturan etika mennulis :)

    ReplyDelete
  8. Meski lesu lemas ya tetap semangat ya bang...

    ReplyDelete
  9. yap..saya juga suka nulis tapi terkadang waktu yang bikin gak bisa,,hehe..
    kalau di rumah ada koneksi internet si pasti lancar...

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts