Mutasi SIM (Prosedur & Manfaat)

Pengertian mutasi lazim kita dengar di lingkungan pemerintahan atau perusahaan, dimana seorang pegawai di mutasi ketempat lain dengan alasan tertentu.

Pengertian mutasi menurut KBBI terbagi tiga, yaitu :
(1) Adm pemindahan pegawai dari satu jabatan ke jabatan lain;
(2) perubahan yg terjadi mendadak di kromosom (Biologi);
(3) perubahan bentuk, kualitas atau sifat lain

Disini warcoff ingin membahas istilah mutasi yang mungkin jarang diketahui oleh kita yaitu mutasi SIM (Surat Ijin Mengemudi), nah pengertian dari mutasi SIM ini sama dengan pemindahan status SIM seseorang di daerah tertentu ke daerah lain.

Contoh misalnya, si A warga kota Bandung, suatu ketika karena tugas dia harus pindah ke kota Semarang. Setelah beberapa tahun menjadi warga Semarang, SIM yang dimiliki A harus diperpanjang, tapi masalahnya SIM itu adalah SIM yang dibuat di Bandung yang tentu tidak bisa diperpanjang di Semarang apalagi KTPnya pun sudah menjadi warga Semarang.

So bagaimana solusinya ? Biasanya banyak yang memilih untuk membuat SIM baru, baik itu dengan system tembak ataupun sesuai prosedur yang berlaku. Nah sebenarnya ada cara lain yaitu dengan mutasi SIM lama kita ke daerah baru.

Mutasi SIM prosedurnya sederhana, gratis dan tidak butuh waktu lama (satu hari jadi), dan itupun bisa diwakili saudara atau teman di daerah asal kita untuk mengurusnya. Prosedur pengurusan mutasi SIM adalah sebagai berikut :

• Fotokopi 2 lembar SIM lama dan KTP baru (tempat tinggal sekarang)
• Lalu diserahkan ke Polres atau Poltabes daerah asal kita untuk mendapatkan surat keterangan Mutasi SIM
• Membawa surat keterangan Mutasi tersebut ke Poltabes daerah tempat tinggal sekarang
• Setelah itu kita bisa memperpanjang SIM sesuai dengan prosedur dan biaya yang berlaku.

Nah kemarin warcoff sudah mengalami sendiri dan ternyata tidak ribet, artinya warcoff tidak perlu membuat SIM baru dengan biaya yang tentu saja lebih tinggi daripada perpanjangan. Yang memuaskan adalah pelayanan dari petugas terkait, ramah dan tidak terlalu banyak prosedur serta tulus melayani. Semoga manfaat :).

Comments

  1. ya Mas, sekarang pelayanan di polres atau di samsat memang baru banget. kita terlayani dengan baik dan puas pada akhirnya. sistem yang baru benar2 keren. saya pas ramadhan lalu juga bikin perpanjangan SIM. wahh, cepet banget prosesnya.

    ReplyDelete
  2. Wah ane sih belum pernah kayak gitu tapi in jadi plajaran buat ane kalau sewaktu-waktu mutasi SIM. Btw ktp sekarang kan elektronik, bukankah sudah berlaku secafra nasional ? benar ga om ?

    ReplyDelete
  3. ternyata mudah ya... ini penting karena siapa tahu besok hari saya pindah lokasi kerja lintas pulau :)

    ReplyDelete
  4. Kebetulan kalau ditempat saya agak sedikit longgarlah masalah begini,maklum ngerti azakan bang PULUZZ..PULUZZ..hahahyyyy

    ReplyDelete
  5. oke deh aye mengerti. btw, paket buku dah dikirim ya.

    ReplyDelete
  6. Saya baru tahu bang, Ini penting bagi saya, anak saya ada yng di ygt, ntar mo kasih tahu cranya.
    Makasih banget, sangat manfaat

    ReplyDelete
  7. nanya, kalo SIM nya udah mati baru lewat beberapa hari apakah bisa mutasi SIM sekaligus perpanjang ? atau diharuskan membuat baru ?

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts