Pertemanan (Makna dan Manfaat)

Pertemanan adalah suatu hubungan antara satu orang atau lebih. Pertemanan memang berbeda tingkatannya dengan persahabatan, terutama dalam cara berkomunikasi dan ikatan yang terbentuk. Bisa dikatakan kalau pertemanan lebih formil sifatnya.

Teman juga ada bermacam jenisnya, antara lain teman sekolah, teman seperjalanan, teman bermain, teman blogger dan sebagainya. Dalam memilih teman kadang kita juga harus selektif agar terhindar hal-hal yang negatif, karena ada sebagian orang yang mau berteman dengan kita karena mempunyai tujuan tertentu.


Tapi itu tidak harus membuat kita jadi terlalu memilih dalam berteman, karena selama kita bisa menjaga diri dan tahu batas baik dan buruk, insya Allah kita bisa terhindar dari ajakan-ajakan yang tidak benar.

Terkait dengan itu, warcoff ingin membahas tentang pola prilaku individu dalam memilih teman, terutama prilaku memilih teman yang cenderung hanya dengan seusia atau seumuran. Dimana prilaku ini tidak berlaku di dunia blogger :).

Memang ada sebagian orang yang dengan sengaja "menciptakan" gap dalam menjalin suatu hubungan pertemanan. Itu yang mengakibatkan sulit terjadi pengertian antara yang tua dengan yang muda sehingga komunikasi tidak berjalan dengan baik.

Intinya berteman itu seharusnya tidak dibatasi oleh usia, status, pekerjaan, kesamaan hobi dan sebagainya. Tapi berteman itu harus fleksibel, artinya mudah beradaptasi dengan tetap mematuhi batasan aturan, norma dan etika yang berlaku. 

Dengan menjalin pertemanan yang baik dan luas akan ada banyak manfaat yang kita rasakan, tidak hanya dari segi sosial tapi juga ekonomi hehe. Semoga manfaat :).

Comments

  1. berteman boleh dengan siapa saja tapi bersahabat harus pilih2 :D

    ReplyDelete
  2. berteman harus fleksibel, bener banget. kadang kita dihadapkan pada bahasa dan budaya yang beda. disitu yang menantang kita untuk tidak kaku.

    ReplyDelete
  3. ya intinya berteman juga kudu hati2 biar gak kena pengaruh buruk

    ReplyDelete
  4. Menjalin pertemanan lebih banyak bermanfaatnya,

    Ohya untuk meramaikan dan mempererat pertemanan saya berhasil joint follow ke-125, follow back yo

    ReplyDelete
  5. semakin banyak teman semakin banyak jalinan silaturahmi yang terjadi dan itu berarti semakin banyak pintu rejeki yang terbuka :)

    ReplyDelete
  6. heheh kata2nya bagus om, tetapi tetap harus hati2 dalam memilih teman yah om :)

    ReplyDelete
  7. wah, nasehat untuk hati nih. kunjungan pertama nih, boleh dong ya....

    ReplyDelete
  8. banyak temen banyak rezeki, apalagi kalau jalinan silaturahminya dipererat dengan saling berkomentar...:o)
    blognya keren, ijin follow...sapa tau mau folbek...hehee
    salam sehat selalu

    ReplyDelete
  9. lewat + ninggalin jejak ya gan :D


    www.tukarilmu.com

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts