Lima jurus pemerintah mengatasi pengangguran (Realisasi atau Imajinasi)

Mengutip hasil Rapat Koordinasi penciptaan dan perluasan lapangan kerja oleh Wakil Presiden RI Budiono bulan Juli lalu tentang lima pilar utama program-program perluasan dan penciptaan lapangan kerja di Indonesia sebagai berikut : (Sumber finance.detik.com).
  1. Perbaikan Layanan dan sistem Informasi Ketenagakerjaan
  2. Peningkatan keterampilan dan kapasitas pekerja
  3. Pengembangan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) serta kewirausahaan
  4. Peningkatan pembangunan infrastruktur termasuk infrastruktur berbasis komunitas
  5. Program darurat ketenagakerjaan ( contoh program darurat ketenagakerjaan antara lain program-program cash for work di saat krisis atau perbaikan infrastruktur pada masa pemulihan dan pembangunan kembali seusai bencana alam).

Dari kelima  pilar tersebut warcoff menilai poin pertama hingga keempat adalah poin-poin yang harus lebih diperhatikan oleh pemerintah karena masih banyak sekali kekurang konsistenan pemerintah dalam menerapkan program-program pendukung yang sudah ada.

Contohnya pengembangan usaha mikro kecil dan menengah serta keriwausahaan, program pendukung dari pmerintah sudah sangat bagus sekali seperti  program pencangkokan usaha, PNPM mandiri, prospek mandiri, etc. Tapi sayangnya penerapannya masih dirasakan oleh kalangan terbatas bahkan mungkin tidak pada tempatnya atau bukan pada orang yang benar-benar membutuhkannya.

Dari  pengalaman warcoff dalam berwirausaha, lebih banyak bertindak secara mandiri karena jika mengandalkan atau menunggu bantuan atau kena cipratan dari program-program yang ada so sama saja buang-buang waktu :).

Selain itu terkait dengan perkembangan teknologi informasi yang semakin pesat, sudah sepantasnya pemerintah bisa ikut menyesuaikan diri sehingga layanan dan informasi pekerjaan bisa lebih lengkap, mudah diakses dan tidak hanya sekedar informasi tempat dan lokasi tapi juga menyangkut tips-tips sukses dalam melamar pekerjaan entah itu swasta, negeri atau bekerja di luar negeri seperti info khusus untuk para calon TKI, etc.

Semoga saja semua program diatas dapat di realisasikan serta diimplementasikan oleh pemerintah bukan hanya sekedar menjadi solusi yang akhirnya menjadi imajinasi :). Semoga manfaat.

Comments

  1. banyak pengangguran di kampung q.
    yang musti dilakukan pemerintah apa?

    nggak ada.

    yang penting masyarakat musti bergerak tanpa mengandalkan pemerintah.

    ReplyDelete
  2. kalo yang ketiga, banyak sih program pemerintah yang udah jalan dan dana terserap. sayangnya di level daerah dan kelompok tani, kebocoran tetep saja ada. ini yang memprihatinkan saya, Mas.

    ReplyDelete
  3. aku setuju dengan program-program yang diatas..

    semoga tingkat pengangguran di indonesia semakin menurun, sehingga indonesia makmur dan tentram..

    ReplyDelete
  4. wah jurusnya hebat juga kalo bisa dilaksanakan.

    ReplyDelete
  5. kelima jurus tersebut memang sudah bergulir, tinggal pelaksanaannya harus sangat diawasi agar tercapai maksud dan tujuan serta tepat sasaran...semoga kedepan makin baik saat menggunakan jurus2 tersebut...amin
    salam sehat selalu yah.

    ReplyDelete
  6. bagus sekali 5 poin ithu
    tapi APAKAH SEBAGUS PELAKSANAANNYA??

    ReplyDelete
  7. tanpa ada ketrampilan...kecil kemungkinan untuk bisa mengembangkan usaha mikro kecil dan menengah, dan sekarang lembaga-lembaga kursus ketrampilan yang ada selalu memasang tarif tinggi buat calon pesertanya, berarti pemerintah harus turun tangan menyediakan sarana pelatihan yang memadai di seluruh negri :)

    ReplyDelete
  8. ikut mendukung saja,semoga pemerintah kita bisa melaksanakan dan membuktikannya.

    ReplyDelete
  9. kayaknya yang UMKM sudah berkembang sob :)

    ReplyDelete
  10. semua poin itu memang bagus , tapi mungkin dari segi pelaksanaan kurang sesuai deh .

    ReplyDelete
  11. @kampungku corolla kita juga mendukung pemerintah dengan cara tak segan2 untuk mengkritik dan memberi masukan.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts