Oct 20, 2012

Mencintai Produk Buatan Indonesia

Mencintai produk dalam negeri atau produk buatan Indonesia merupakan bagian dari rasa Nasionalisme kita sebagai bangsa Indonesia.

Nasionalisme itu sendiri, menurut KBBI ada dua definisi sebagai berikut :
  • paham (ajaran) untuk mencintai bangsa dan negara sendiri; sifat kenasionalan: -- makin menjiwai bangsa Indonesia;
  • kesadaran keanggotaan dl suatu bangsa yg secara potensial atau aktual bersama-sama mencapai, mempertahankan, dan mengabadikan identitas, integritas, kemakmuran, dan kekuatan bangsa itu; semangat kebangsaan
Kembali ke topik tentang “mencintai” produk dalam negeri, seperti kita ketahui untuk mencintai sesuatu biasanya diawali dengan beberapa proses antara lain, tahu, kenal, suka dan peduli. Dijabarkan sebagai berikut :

*Tahu :
Sudahkah kita “tahu” apa saja produk-produk buatan Indonesia ? disini kita tidak usah menyebut merek, tapi ada banyak produk-produk local seperti HP, Peralatan rumah tangga, bahkan mobil yang dibuat anak-anak SMK berapa waktu lalu.

*Kenal :
Kenal disini artinya kita tidak hanya sekedar tahu tentang produk-produk buatan Indonesia tapi juga mencoba untuk membeli, dalam hal ini membeli bukan hanya berdasarkan kebutuhan atau kondisi tapi ingin mencoba seberapa bagus kualitas dari produk buatan Indonesia dibandingkan dengan produk dari Negara lain.

*Suka dan peduli :
Setelah tahu dan kenal maka proses suka atau tidak akan sangat tergantung dari apa yang kita rasakan. Kita akan merasa “suka” jika produk yang kita beli memenuhi harapan kita. Namun bisa juga rasa “suka” itu hanya karena kita “peduli”. Peduli dan menghargai terhadap karya anak bangsa :).

Mencintai produk buatan Indonesia memang harus sangat ditunjang oleh pemerintah agar tidak hanya menjadi semboyan saja, apalagi produk-produk dari negeri antah berantah sudah membanjiri pasar Indonesia ini, baik itu yang murah dan tak berkualitas maupun yang mahal (branded).

So mari dari sekarang kita belajar untuk mencintai produk-produk buatan Indonesia, jikapun tidak membeli wujud cinta itu bisa dengan cara kita berkreasi dan berkreatifitas untuk menciptakan produk-produk asli Indonesia yang berkualitas tinggi :). Semoga manfaat.

Artikel Terkait opini ,Pemasaran

10 comments:

  1. siiip...produk dlm negri tdk kalah dengan luar negri kog..aye juga pakai dlm negri

    ReplyDelete
  2. kunjungan perdana sob :) sambil baca2

    visit, koment n follow back y dblogq :)
    achsanarea23.blogspot.com

    ReplyDelete
  3. dulu jaman pemerintahan pak harto pernah mencanangkan program mencintai produk dendiri yang akhirnya mengkristal menjadi cita2 pelita 6 yang akan tinggal landas membangun dengan kekuatan sendiri. konsep itu seakan hilang sekarang ya mas?

    ReplyDelete
  4. @zachflazzbetul mas, sepertinya program ini sudah jadi cerita lama, untungnya ada iklan dari produk lokal yg khas yg terus mengingatkan kita :)

    ReplyDelete
  5. memang harus ada gerakan moral terus menerus sih ya Mas biar kita semua diingatkan selalu

    ReplyDelete
  6. nice share.. terus kembangkan.
    mampir ya.

    ReplyDelete
  7. setuju ini sob, sayangnya dibeberapa produk tertentu konsumsi untuk dalam negeri dipilih dari bahan-bahan yang kualitasnya di bawah barang untuk ekspor, jadi jika ingin produk dalam negeri dicintai rakyatnya ya mau tidak mau kualitas dan harganya harus lebih bagus atau paling tidak sama

    ReplyDelete
  8. iya lah bener banget. Cintailah ke aneka ragaman Indonesia yang sangat kaya nan subur ini..

    ReplyDelete
  9. kalo cari istri, haruskah juga yang produk indonesia? hehe

    ReplyDelete
  10. @Thanjawa :kalau kualitas sebenernya produk indo gak kalah dgn luar mas, tapi ya itu tadi yg kualitas bagus hy tuk diekspor, tuk kita sendiri malah dikasih yg kw hehehehe
    @Mas Zach : kalau bisa atu produk lokal atunya produk luar mas wkwkwkwkwkwk

    ReplyDelete