Pengalaman Terbaik Belanja Online di Laku.com

Warcoff mempunyai dompet yang belum pernah diganti sejak tahun 2001. Kebetulan dompet ini awet sekali baik itu dari warna dan kulitnya namun warcoff merasa sudah saatnya untuk membeli dompet baru sebelum lebaran 2012 kemarin hehe, namun warcoff malas jika harus berbelanja ke toko atau mall hanya untuk membeli dompet. So pilihan terbaik bagi warcoff adalah membeli melalui toko online.

Setelah mensurvey beberapa toko online, akhirnya pilihan warcof jatuh pada Laku.com. Dan disana warcoff mendapatkan dompet yang sesuai dengan selera warcoff, baik itu model dan harganya. Proses pembeliannya tidak rumit, tinggal pilih, transfer, konfirmasi dan esoknya dompet sudah menjadi penghuni baru kantong celana warcoff.

Kenapa memilih Laku.com ? Sebagaimana biasanya awal ketertarikan kita pada sesuatu adalah karena sesuatu itu menarik :). Tentu tetap melalui beberapa proses. Nah khusus untuk toko online, warcoff membaginya menjadi dua proses yaitu MELIHAT dan MERASAKAN.

1. MELIHAT
Yang dilihat oleh warcoff pertama kali tentu saja penampilan dari media komunikasi yang digunakan oleh Laku.com. Dan salah satu perlengkapan media komunikasi yang menjadi tolak ukur tersebut adalah web atau blog dari Laku.com. Pengukurannya berdasarkan layout template, pengaturan menu navigasi, kecepatan loading, cara penyajian tulisan dan display produk.

Layout template : Tampilan template dan header Laku.com yang sederhana lebih memudahkan warcoff untuk mencari berbagai informasi karena mata bisa langsung tertuju pada menu atau gambar yang tersaji di tampilan muka web Laku.com. Seperti contoh gambar dibawah ini :


layout template
Tampilan template yang simpel tapi eye catching


Pengaturan Menu Navigasi, meliputi :
*Menu header
Menu-menu yang ada di header cukup jelas sehingga warcoff tidak bingung dalam memilih kategori produk yang akan dibeli. Seperti contoh gambar berikut :


header menu
Menu header Laku.com

*Menu sidebar dan footer
Menu di sidebar dan footer sangat lengkap. Ini membantu warcoff sebagai calon konsumen untuk mengetahui berbagai informasi yang dibutuhkan. Seperti terlihat dari gambar dibawah ini :

sidebar&footer menu
Menu sidebar dan footer Laku.com


Kecepatan loading web/blog : Kecepatan loading awal saat membuka web Laku.com cukup cepat. Padahal kualitas koneksi internet yang warcoff gunakan termasuk lambat :).

Untuk lebih validnya, warcoff coba ukur dengan menggunakan fasilitas pengukur kecepatan web di webtoolhub.com, dan hasilnya kecepatan loading (load time) Laku.com sebesar 2.41 detik. Ini termasuk cepat karena kecepatan load time kurang dari 8 detik sebagai standar batas kecepatan maksimum load time sebuah web/blog. Selengkapnya bisa dilihat di gambar berikut :
 
Speed test page
Tabel hasil uji kecepatan Load time Laku.com (klik tuk memperbesar)

Penyajian Tulisan : Cara penyajian tulisan mengenai produk ataupun informasi lain yang terkait mudah dipahami, jelas, dan tidak bertele-tele. 

Display produk : Display produk tersaji dengan baik didukung oleh menu pilihan tipe tampilan, dan pilihan tipe pengurutan produk yang membuat warcoff merasa nyaman dalam mencari dan memilih produk yang diinginkan. Untuk lebih jelasnya bisa dilihat pada gambar dibawah ini :
Display n menu
Display produk & Menu pengurutan di Laku.com

2. MERASAKAN
Dari apa yang tersaji di web Laku.com, membuat warcoff jadi tertarik untuk merasakan yaitu dengan membeli produk yang warcoff inginkan. Dari pengalaman itu maka ada beberapa hal yang warcoff rasakan, yaitu :
  • Pelayanan dari CS Laku.com sangat baik dan memuaskan, sebelum dan sesudah membeli.
  • Kecepatan respon dan kemudahan dalam melakukan komunikasi dengan CS, seperti saat ingin bertanya atau mengajukan suatu permintaan restock produk yang diinginkan dan sebagainya. Berikut warcoff kasih contoh rekaman gambar saat melakukan komunikasi dengan CS Laku.com :

responsive
rekaman gambar percakapan dengan CS Laku.com

  • Proses pengiriman yang tepat waktu sesuai dengan jenis pengiriman yang kita pilih.
  • Kemasan paket yang menarik, ini juga menjadi salah satu kelebihan yang tidak dimiliki oleh toko online lain yang sekelas. Menunjukkan keseriusan pihak Laku.com dalam memberikan kepuasan lebih kepada konsumen. Berikut contoh kemasan paket yang warcoff terima :
kemasan yang menarik
Kemasan Paket dari Laku.com

  • Pemeriksaan kualitas produk terhadap semua produk atau paket yang akan dikirim ke konsumen. Ini memberikan jaminan mutu terhadap produk yang akan diterima konsumen. Bukti jika paket kita sudah melewati bagian quality control dapat dilihat dari gambar berikut :
Quality n Serve
Tanda bukti lolos Quality Inspected

  • Kualitas produk yang diterima (warna, model, kondisi produk ) yang warcoff terima sesuai dengan apa disajikan di web Laku.com. Berikut gambar produk yang warcoff beli dan terima :
product quality of Laku.com
Dompet dan sabuk yang dibeli warcoff
Bagaimana kualitas pelayanan Laku.com secara keseluruhan ? Kalau bicara kualitas pelayanan perusahaan jasa, tentu tidak terlepas dari lima dimensi utama Service Quality atau ServQual (Kotler 1995) yaitu tangibles, responsiveness, reliability, assurance dan emphaty.

Kelima dimensi tersebut diukur berdasarkan penilaian persepsi dengan harapan warcoff terhadap pelayanan dari Laku.com. Untuk lebih jelas akan dijabarkan sebagai berikut :
  • Tangibles (Penilaian dari kualitas penampilan dan perlengkapan dari media komunikasi) Secara keseluruhan, warcoff menilai tampilan web Laku.com sudah cukup bagus atau sesuai kebutuhan. Namun untuk kategori dan pengurutan produk diharapkan untuk lebih spesifik, misal diurut berdasarkan merek, jenis produk, etc agar konsumen jauh lebih mudah memilih.
  • Responsiveness (Kemauan penyedia jasa dalam membantu konsumen dan memberikan pelayanan yang cepat dan tanggap). Dari apa yang warcoff rasakan sudah sesuai dengan harapan dan ini merupakan salah satu kelebihan utama dari mereka sehingga membuat konsumen merasa diperhatikan meskipun hanya membeli satu atau dua produk dengan harga yang murah.
  • Reliability (Keandalan atau kemampuan penyedia jasa untuk memberikan pelayanan sesuai yang dijanjikan dengan cepat dan memuaskan). Poin ini juga sudah terbukti oleh warcoff sekaligus sesuai dengan harapan.
  • Assurance (Jaminan yang diberikan Laku.com untuk konsumen, misalkan untuk jaminan kerahasiaan data konsumen, keterlambatan pengiriman, atau produk cacat). Khusus untuk ini warcoff belum merasakan sendiri, tapi paling sudah ada jaminan yang tertulis dengan tegas dan jelas. Harapan warcoff, pihak Laku.com akan selalu siap sedia dalam memenuhi janji mereka jika terjadi hal yang tidak diinginkan.
  • Emphaty (Kepedulian penyedia jasa yang berupa perhatian terhadap kebutuhan konsumen). Poin kelima ini memang sifatnya lebih ke suatu hubungan yang lebih personal antara Laku.com dengan konsumennya. Tapi warcoff pribadi menilai, rasa empati ini sudah bisa warcoff rasakan saat melakukan kontak dengan Customer Service Laku.com .
Kesimpulan
Warcoff sangat merekomendasikan Laku.com sebagai tempat belanja online terutama untuk kebutuhan fashion pria dan wanita, selain harga yang terjangkau dengan kualitas pelayanan dan kualitas produk yang tidak perlu diragukan lagi. 

Kelebihan kualitas pelayanan yang dimiliki oleh Laku.com ini, tidak terlepas dari kualitas kinerja dari pihak manajemen Laku.com itu sendiri, antara lain dengan menyiapkan dan mengatur setiap bagian sesuai dengan fungsi dan tugas masing-masing. Dimana ada 3 tim khusus dalam struktur kerja yang mendalangi performa apik tersebut, yaitu Customer service, Inventory & order fulfillment serta Content.

Jadi tak heran dan terbukti jika Laku.com telah menjadi the most favorite online shopping in Indonesia :). So selamat berbelanja dan semoga manfaat :).

Comments

  1. sesaat yang lalu, begitu saya baca postingan ini, sebelum komen saya nyoba ke TKP. OK memang, segala yang ditulis Mas soal tampilan etc di atas bener.
    cuma begitu saya ke menu jam tangan, koq harganya murah2 begitu ya? spesifikasi produknya, apakah itu original atau bukan, nggak clear di situ. lebih2 jam wanitanya, koq bisa cuma Rp22.500-an.

    tapi menarik nih untuk dieksplorasi lebih jauh. saya penasaran jadinya.

    ReplyDelete
  2. @Mas Zach : tq mas komennya :) mengenai spek produk ori atau kw, mas bisa tanya langsung ke pihak CS laku.com lewat sms atau fasilitas chat di webnya :) Dan menurut warcoff itu sebenarnya bisa dinilai dari harga yg ditawarkan.

    Yang utama disini adalah kepuasan konsumen dari segi pelayanan (produk dan jasa) so bukan dari originalitas produknya :)

    ReplyDelete
  3. wah itu kalo serius ya jualan online. hehee

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts