Masihkah Ada Keadilan (Krisis Gaza)

Melihat apa yang terjadi di Palestina, warcoff dan tentu kita semua merasa sangat prihatin. Ketidakadilan dan pelanggaran HAM seakan hanya menjadi semboyan yang berlaku untuk Negara-negara besar saja.

Apa yang harus kita lakukan sebagai wujud solidaritas kepada bangsa Palestina ? akan ada beragam jawaban tentunya, ada yang cukup mendoakan, berdemo, berangkat ke Palestina, atau meminta kesadaran Negara-negara yang mayoritas muslim untuk bersatu padu membantu meredakan atau bahkan memerangi Israel bersama-sama.

Pertanyaannya apakah jalan terbaik untuk meredakan konflik di Palestina ? warcoff sebagai orang awam yang tidak punya kekuasaan hanya bisa berteori. Karena konflik ini pada dasarnya ditenggarai oleh kepentingan-kepentingan pihak tertentu. Oleh karena itulah kenapa Negara-negara yang seharusnya “mampu” sepertinya hanya berdiam diri melihat ketidakadilan seperti itu.

Yang terdengar hanya hujatan dan kemarahan dari mereka tanpa ada aksi nyata atau “berani” secara langsung untuk mengirimkan pasukannya untuk membantu Palestina. Tak heran jika konflik ini tak pernah selesai bahkan mungkin hingga akhir zaman.

Seandainya warcoff ini Rambo maka tanpa berpikir panjang lagi akan langsung berangkat ke sana. Cukup warcoff seorang diri memborbardir, menghancurkan semua pasukan Israel dan fasilitas-fasilitas pendukungnya. Sayangnya Rambo itu hanya ada di pilem buatan orang Amerika jadi sepertinya tidak mungkin (:.

Begitupun jika warcoff ini jadi superhero seperti Superman, Spiderman, Hulk, anggota X-men, etc tentu akan lebih mudah membantu dan memberantas ketidakadilan itu.  Tapi rata-rata semua superhero itu adalah karya fiksi ciptaan orang Amerika, so khusus untuk masalah yang terjadi di Palestina bukanlah kewajiban mereka (:.

Nah mungkin kalau warcoff jadi Gatotkaca yang asli orang Indonesia baru bisa bersikap adil memberantas semua ketidakadilan tersebut. Tapi sayangnya Gatotkaca dan para punakawan lainnya sedang sibuk mengatasi permasalahan yang terjadi di Indonesia ini, bahkan masalah disini lebih kompleks, bukan hanya ketidakadilan, bahkan kemiskinan, pengangguran, korupsi, kerusuhan antar sesama anak negeri, etc.

So bisa dimaklumi jika superhero asli Indonesia ini hanya bisa ikut prihatin dan mendoakan saja. Ah bagaimana kalau warcoff jadi Aladdin saja, asli orang Arab dan punya lampu ajaib. Sayangnya, jin penghuni lampu ajaib sudah menjadi seperti manusia, tidak lagi menurut apa kata Aladdin. Dia mau disuruh atau diperintah hanya dengan orang yang mau membayarnya tinggi Ungkapan Wani piro!!, selalu menjadi andalannya tuk berkelit jika disuruh.

Dari kenyataan itu sepertinya tiada harapan untuk membantu saudara-saudara kita di Palestina sana, tanpa ada bantuan dan usaha yang maksimal serta nyata. Api dibalas api memang bukan penyelesaian terbaik apalagi jika api yang digunakan untuk membalas hanya api dari korek api tanpa disertai pemicu yang memadai.

Semoga saudara-saudaraku di Palestina, selalu diberi kesabaran dan ketabahan menghadapi kenyataan yang pahit itu. Doa mungkin tidak cukup untuk membuat mereka bebas dari penderitaan itu tapi paling tidak, dengan do’a hati mereka jadi lebih tenang dan yakin jika Allah tidak akan memberikan suatu cobaan melebihi kemampuan mereka… Man jadda wa jada!!!.

Comments

  1. masih ada keadilan..?

    dan keadilan pun sudah ditentukan oleh amerika dan israel..

    ckckc...

    ReplyDelete
  2. masih ada, tetap optimis dan berjuang di Jalan Allah.

    Allahu Akbar,

    visit http://wkhatulistiwa.blogspot.com/

    ReplyDelete
  3. dan PBB pun hanya diam dengan ancaman perdamaian dunia. UNICEF nggak begitu peduli dengan anak2 yang menjadi korban. WHO pun hanya bertindak sebagai pelayan di garis belakang. memprihatinkan sekali keadaan di Gaza.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts