Pencitraan Individu


Pencitraan biasanya berlaku dikalangan politikus dan selebritis. Tujuannyapun sama yaitu untuk meningkatkan kepopuleran. Yang membedakan hanyalah cara yang digunakan, entah itu dengan cara disengaja atau tidak disengaja.

Pencitraan seperti itu menurut Wikipedia termasuk dalam Wish Image (Citra Yang Diharapkan). Dimana Citra harapan adalah suatu citra yang diinginkan oleh pihak manajemen atau suatu organisasi. Citra yang diharapkan biasanya dirumuskan dan diterapkan untuk sesuatu yang relatif baru, ketika khalayak belum memiliki informasi yang memadai mengenainya.

Contohnya seperti acara-acara di televisi tentang kegiatan seorang artis yang menonjolkan kegiatan amal/sosial yang dilakukannya. Menurut warcoff model pencitraan seperti adalah jenis pencitraan yang disengaja :).

Namun ada kalanya suatu aktifitas orang terkenal yang sebenarnya dilakukan dengan tulus tanpa maksud agar menjadi lebih terkenal, dianggap sebagai pencitraan. Seperti contohnya yang dilakukan oleh Pak Dahlan Iskan atau mungkin yang dilakukan oleh Pak Jokowi saat ini. Nah ini termasuk pencitraan yang tidak disengaja.

Meskipun dalamnya hati siapa yang tahu, tapi paling tidak selama apa yang dilakukan itu bermanfaat dan sesuai dengan tugas dan wewenangnya akan lebih baik jika kita mendoakan mereka agar bisa istiqomah dengan amal baik tersebut.

By the way, sebenarnya warcoff lagi bingung mau nulis tentang apa hehehe. Ya sudah intinya tidak semua aktifitas pencitraan merupakan kegiatan yang disengaja atau tidak tulus. Dan kita sebagai bloggerpun harus bisa melakukan pencitraan pada blog yang kita cintai agar bisa menjadi blog yang bermanfaat :).

Comments

  1. saya terinspirasi soal ini Mas. jadi pengin bikin postingan yang sejenis ini. boleh ya...

    pencitraan banyak nggak ikhlasnya ya Mas.. hehe

    ReplyDelete
  2. @Mas Zach : silakan mas, tambah sueneng ane :)

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts