Kemeja Batik (Baju Andalanku)

Dulu, warcoff paling malas kalau disuruh berbatik karena kesannya terlalu formil dan tua hehe. Apalagi  “image”nya  saat itu adalah baju khusus untuk kondangan atau acara pernikahan. Bayangan warcoff kalau memakainya diluar acara di atas seperti ilustrasi dibawah ini :

kemanx921 design & ilustration


Namun pandangan itu sudah berubah, terutama sejak tanggal 2 Oktober ditetapkan oleh Pemerintah sebagai hari Batik Nasional pada tahun 2009 lalu. Penetapan itu bertepatan dengan ditetapkannya sebagai warisan budaya Indonesia. Sejak itu juga semua karyawan swasta maupun negeri diwajibkan memakai batik terutama pada hari Jum’at.

Warcoff sendiri mulai suka berbatik saat (2011) bekerja di salah satu project pemerintah dimana para ahlinya berasal dari Jepang. Nah setiap hari Jum’at kami semua diharuskan memakainya termasuk juga para ahli tersebut. Seperti foto dibawah ini :
kemanx921 design & ilustration
Warcoff & Foreign (Foto Dok. pribadi)
Warcoff merasa malu karena orang asing saja sangat suka memakai batik, sejak saat itu warcoff pun jadi menyukainya. Hingga tiap ada kesempatan pasti memakainya, terutama yang bermotif modern, unik dan berlengan pendek. 

kemanx921 design & ilustration
Warcoff & Friends Berbatik Ria (Foto Dok Pribadi)
Sekarang kemeja batik telah menjadi salah satu pakaian “andalan” warcoff yang dipakai bukan hanya untuk acara kondangan atau bekerja. Tapi juga untuk sholat Jum’at bahkan ke mall atau toko buku :). Contohnya ketika menghadiri acara penyerahan hadiah suatu kompetisi 2012 lalu, warcoff juga menggunakan batik. Hingga perasaan sebagai pemenang pun menjadi lebih luarbiasa hehe. 

kemanx921 design & ilustration
Warcoff Ceremony (Foto Dok Pribadi)

Apalagi saat ini, membeli baju batik tidak perlu repot harus ke toko batik, butik batik atau mall. Cukup belanja di toko batik online yang terpercaya. Harganya terjangkau dengan variasi motif, warna dan kualitas bahan cukup baik. Belanja batik online dijamin tidak mengecewakan. Berikut photo beberapa kemeja warcoff yang beli :
kemanx921 design & ilustration
Kemeja Batiknya Warcoff (Dok. pribadi)
Mengenakan batik di setiap kesempatan adalah salah satu cara kita dalam menghargai warisan budaya asli Indonesia, selain itu kita juga turut membantu meningkatkan perekonomian para pengrajin dan para penjualnya. Intinya mengenakan batik selain untuk kepuasan pribadi juga untuk kebahagiaan orang lain. Semoga manfaat.

Comments

  1. saya setuju ada gerakan batikisasi. siapa lagi kalo bukan kita, yang bisa menghidupkan budaya luhur bangsa ini. masalahnya sekarang, buat saya, saya masih ada di fase seperti mas warcoff sebelum 2011. belum bisa suka ke batik. selasa dan jumat, kantor tempat saya bekerja mewajibkan itu, tapi saya masih cue melanggarnya. ada tips Mas?

    ReplyDelete
  2. @Mas Zach : nah klu soal selera n style memang gak bisa disamakan ya mas hehe, so klu ditanya tips mungkin sampeyan harus pakai batik yg bermotif rock metal favorit sampeyan nah pasti ane yakin sampeyan jadi suka hehe

    ReplyDelete
  3. hihi... iya. serius nih saya jadi memikirkan motif yang Mas warcoff rekomendasikan itu. haha, kenapa bagus banget ya..

    btw, itu yang proyek dengan jepang terkait dengan JBIC atau JICA atau apa ya Mas? Proyek Pemerintah bukan?

    ReplyDelete
  4. saya setuju juga, caiiiyyoo batik indonesia.. hehehe

    ReplyDelete
  5. @MAs Zach : nah mungkin harus pesan khusus itu mas motif batik ala rocker hehehe
    Di JICA mas, bener proyek pemerintah kita n Nippon (g to g),saya cuma sebentar disana mas tapi lumayan dah "belusuki" wilayah2 kumuh DKI hahaha

    @Mimin : awas ya gak pake batik hehehe

    ReplyDelete
  6. eh Mas, itu menang lomba apa di foto?

    ReplyDelete
  7. @mas Zach : itu menang lomba design mas :D

    ReplyDelete
  8. kemeja batik kolesi WARCOFF keren2 ya.. aku juga skrg suka banget batik, tapi motifnya yg gak terlalu klasik..kebetulan di kantor tiap Kamis seragamnya diganti batik..

    ReplyDelete
  9. Lumayan keren mbak hehehe, apalagi sesamo wong plembang bateknyo harus keren ye mbak ye hehehe

    ReplyDelete
  10. lomba desain ya? wahh bener2 berprestasi hebat nih. bangga saya. bangga. dan desain itu sekarang relevan dengan pekerjaan Mas? saya antusias banget pengin tau. hehe

    ReplyDelete
  11. Alhamdulillah mas :) ya gawean sya skrg byk dibid itu mas, status saya skrg pencari dollar mas jual design sambil cari klien org asing, sulit, menantang dan penuh ketidakpastian tapi "menarik" hehehe

    ReplyDelete
  12. @waroeng coffeeiya Mas, besyukurlah bekerja di bidang yang disukai. mahal harganya itu Mas, susah didapat manakala kita bekerja sebagai PNS

    ReplyDelete
  13. asik juga ya mas, ngeliat orang asing malah berbangga hati memakai batik.

    ReplyDelete
  14. @Mas Zach : iya betul2 "mahal" mas karena ada banyak hal yg harus dikorbankan terutama dalam mengawalinya :)

    @BoH : batik tiada duanya :D

    ReplyDelete
  15. batik....
    the unique technique clothing....
    batik emng okee....
    sekarang malah banyak versinya....
    :)

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts