Penerapan QCD (Quality, Cost, & Delivery)

Warcoff barusan baca di sebuah note FB yang bercerita tentang Pak Habibie, disitu beliau salah satunya membahas tentang suatu metode dimana dalam industri apapun kuncinya itu hanya satu yaitu QCD.

Apakah QCD itu ?
  • Q itu Quality, kita harus buat segala sesuatunya berkualitas tinggi dan konsisten.
  • C adalah Cost yaitu tekan harga serendah mungkin agar mampu bersaing dengan produsen sejenis.
  • D itu Delivery, biasakan semua produksi dan outcome berkualitas tinggi dengan biaya paling efisien dan disampaikan tepat waktu.
Menurut Pak Habibie “Kalau diumpamakan, Q itu nilainya 1, C nilainya juga 1 lantas D nilainya 1 pula, jika dijumlah maka menjadi 3. Tapi, cara kerja QCD tidak begitu dimana organisasi itu bekerja saling sinergi sehingga yang namanya QCD bisa menjadi 300 atau 3000 atau bahkan 30.000 sangat tergantung bagaimana anda semua mengerjakannya, intinya bekerja harus pakai hati!.

Apa yang Pak Habibie sampaikan tersebut bagi warcoff sangat menarik, karena QCD adalah metode yang sederhana tapi jika ditelaah lebih jauh maka akan terkait dengan semua sisi.

Pertama soal kualitas, apapun pekerjaan dan pendidikan bahkan kehidupan harus disertai dengan kualitas dan konsistensi agar mendapatkan hasil yang optimal.

Kedua cost adalah suatu hal yang bener-bener harus diperhitungan dan tentu saja terkait pada semua aspek kehidupan. “Tekan harga serendah mungkin” ini menarik karena jika dikaitkan dengan kualitas maka ada sebuah tantangan untuk membuat sesuatu yang bermutu tapi dengan biaya yang seefisien mungkin :).

Ketiga delivery, ini secara umum terkait dengan pemasaran terutama dalam hal pelayanan dan distribusi artinya suatu produk yang murah dan berkualitas akan menjadi sia jika pelayanan serta distribusinya tidak berjalan dengan benar.

Dan inilah yang terjadi dinegeri ini, dimana sudah banyak karya anak bangsa yang punya mutu serta berdaya saing tinggi tapi hanya menjadi pelengkap sejarah karena tidak ada “keseriusan” pihak-pihak terkait untuk menjadikannya lebih baik.

Dalam hal ini Pak Habibie ingin menyampaikan suatu pesan pada kita semua, salah satunya dengan kondisi yang terjadi saat ini. Antara lain dalam penerapan suatu metode tidak perlu yang rumit, cukup yang sederhana tapi fleksibel (mudah diterapkan) dan jelas maksud dan tujuannya. Semoga manfaat.

Comments

  1. hanya dengan ketiga hal itu, sebuah bisnis mampu melesat ya bang?
    namun perlu sebuah timing yang tepat pula ya bang?

    ReplyDelete
  2. gak juga bro tapi metode itu bisa menjadi landasan utama, nah hasilnya tergantung dari siapa pelaksananya :)
    karena ini bicara organisasi/sistem, jika ada saja satu/dua bahkan lebih sub yg gak jalan, yah akan gak optimal outputnya :)

    ReplyDelete
  3. Pak Habibie memang hebat, nggak hanya Albert Humphrey yang punya analisis SWOT. produk domestik begini harusnya mendunia. sayang kita kurang memberi pengakuan atas kreasi anak bangsa.

    ReplyDelete
  4. postinga siple tapi berkualitas gan.....

    ReplyDelete
  5. bener banget.....
    kalo bisa nguasai ketiganya bakal jd omset yang joss...
    :)

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts