Penerapan Konsep Green Hospital Secara Optimal

Sewaktu masih kuliah warcoff pernah menjadi pasien rutin sebuah rumah sakit swasta yang cukup besar kurang lebih enam bulan lamanya. Dari pengalaman tersebut ada beberapa hal yang menarik perhatian warcoff terutama jika dikaitkan dengan konsep Green Hospital yang lagi berkembang saat ini.

Sebelumnya Apakah konsep Green Hospital itu (1) ? adalah sebuah konsep aksi yang memadukan antara unsur kesehatan dan unsur lingkungan. Salah satu contoh penerapannnya adanya pemanfaatan lahan hijau seperti pengadaan taman, kolam atau penempatan pot-pot bunga di depan kamar pasien .

Penerapan konsep tersebut sebenarnya tidak hanya terbatas pada penghijauan semata tapi juga meliputi semua aspek di lingkungan rumah sakit. Nah dari pengalaman warcoff dulu sebagai pasien beberapa hal yang mungkin perlu menjadi bagian dalam penerapan konsep Green Hospital secara optimal adalah sebagai berikut :

1. Ruang periksa
Akan lebih nyaman jika suasana ruang periksa lebih bersahabat dan tidak berkesan kaku dengan warna ruangan yang serba putih tanpa ada variasi warna lain hingga mempengaruhi kondisi mental kita sebagai pasien.

2. Ruang pendaftaran/administrasi pasien
Antri itu budaya, tapi juga bagaimana menciptakan kondisi antrian yang nyaman dengan dukungan suasana ruang tunggu yang bisa membuat para pengantri dapat menghabiskan waktu tunggunya dengan hal yang bermanfaat.

3. Sistem pengolahan limbah cair
Dulu sehabis di operasi, Warcoff pernah masuk ke kamar mandi di ruang operasi itu dan warcoff terkejut karena melihat ada darah bekas operasi dan sejenisnya berceceran di lantai dan lubang wc kamar mandi tersebut.

Untuk itu khusus limbah cair seperti bekas darah, nanah dan sejenisnya harus melalui saluran (pipa) dan pembuangan khusus karena resiko pencemaran penyakitnya lebih besar dibandingkan limbah cair biasa.

4. Aroma khas rumah sakit
Saat memasuki lingkungan rumah sakit biasaya ada bau khas yang kita cium, entah itu bau obat atau sejenisnya. Itu antara lain disebabkan karena pengaruh sistem pembuangan limbah dan sirkulasi udara di lingkungan rumah sakit tersebut kurang baik.

Solusi terbaiknya adalah penghijauan terutama memperbanyak tanaman bunga yang bisa membantu menyegarkan aroma rumah sakit, selain itu anggaran yang dibutuhkan tidak besar jika dibandingkan harus menata ulang atau bahkan merenovasi bangunan.

5. Kesan angker
Harus diakui jika ada bagian atau lokasi tertentu di lingkungan rumah sakit yang terlihat suram terutama di malam hari hingga kadang menimbulkan kesan angker hehe.

Itu salah satunya disebabkan sistem pencahayaan yang kurang memadai didukung juga kurangnya perawatan berkala terhadap kondisi gedung yang sudah tua atau jarang digunakan pasien atau para petugas terkait.

6. Seragam perawat
Bagi warcoff penampilan para perawat selain sikap dan prilaku, perlu juga menjadi perhatian terutama dari warna dan model pakaiannya. Mungkin itu bisa menambah motivasi mereka untuk memberikan pelayanan yang lebih baik sehingga pasien pun akan menjadi lebih nyaman.

Demikian tadi beberapa bagian yang mungkin bisa menjadi landasan penerapan konsep Green hospital secara optimal. Namun biasanya kendala utama dari penerapan konsep Green Hospital , terutama di rumah sakit pemerintah pada umumnya adalah terbatasnya anggaran yang mereka punya, baik itu anggaran untuk penyediaan peralatan, fasilitas pendukung lainnya hingga anggaran untuk perawatannya.

Tapi pasti ada solusi terbaik untuk itu asalkan mereka sungguh-sungguh berkomitmen dalam menerapkan konsep Green Hospital ini. Ada banyak cara untuk mendapatkan dukungan dari berbagai pihak untuk membantu mengatasi kendala ini.

Salah satunya adalah dengan menyebarluaskan atau mensosialisasikan pengertian serta pemahaman pada semua kalangan tentang manfaat dari penerapan konsep green hospital ini, antara lain melalui media internet sebagai media informasi yang efektif dan efisien.

Konsep Green Hospital ini penting dan harus diterapkan secara optimal agar rumah sakit pemerintah pada khususnya dapat bersaing dengan rumah sakit lainnya. Seperti contohnya apa yang dilakukan oleh RSUD Daya kota Makassar yang berkomitmen untuk terus berupaya memperbaiki kinerja disetiap waktu. Hal ini sejalan dengan visi rumah sakit tersebut yaitu Menjadi Rumah Sakit Sehat sebagai percontohan di Indonesia. Semoga manfaat.


Ref :
(1) http://rsudaya.org/green-hospital-writing-competition/

Comments

  1. Yup bener, perlu tambahan penerangan di beberapa titik. Salah satunya disekitar kamar mayat. Biar orang gak pada takut.

    ReplyDelete
  2. @Yan : apalagi kamar mayat ya, pasti serem kesannya hehehe

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts