Permintaan & Pengumpulan Data (PPD)

Beberapa pekerjaan warcoff terkait dengan pengumpulan data atau informasi, nah permasalahan yang kadang terjadi adalah pada proses permintaan data, terutama terkait dengan data yang bersifat resmi dari dinas-dinas pemerintah daerah terkait.

Proses permintaan data sering terhambat karena beberapa hal, antara lain birokrasi, ketersediaan dan pelayanan dari orang yang menyediakan data serta masih kurang baiknya sistem informasi manajemen di dinas atau instansi terkait.

Sebenarnya di jaman internet ini semua data itu seharusnya sudah bisa didapatkan melalui website dinas atau instansi terkait tersebut. Sayangnya banyak dinas atau instansi tersebut belum memiliki website yang “mumpuni” artinya belum dikelola dengan serius bahkan ada yang tidak update atau bahkan lembaga seperti "kapeyu" lokal masih menggunakan fasiltas web gratisan seperti wordpress dan blogspot.

Masalah tersebut tentu berkaitan dengan sistem informasi manajemen yang masih “tradisional” sehingga proses pengumpulan, pengolahan serta penyajian data menjadi kurang efisien dan efektif. Akibatnya ketika ada pihak yang membutuhkan data atau informasi tertentu dalam waktu cepat sering terhambat sehingga harus menggunakan data-data lama yang tentu saja sudah tidak update bahkan mungkin kevalidan data tersebut diragukan.

Warcoff secara pribadi merasa heran melihat “kenyataan” tersebut, dan jika itu karena kurangnya SDM atau bahkan biaya sepertinya tidak mungkin. Bisa jadi karena mereka belum begitu peduli dengan pentingnya sistem manajemen data yang baik atau ada faktor lain yang mungkin “hanya merekalah yang tahu” hehehe. Semoga manfaat.

Comments

  1. kapeyu lokal berarti bisa kita follow ya Mas. hehe

    ReplyDelete
  2. hahahaha jangan lupa follback pokoknya hahahaha

    ReplyDelete
  3. iya juga yah,, tp masih mending mas klo manfaatin yang gratisan .
    daripada ga manfaatin sm sx ?
    hahhaa tambah kudet nantinya :D

    ReplyDelete
  4. ya itulah manajemen di kantor kantor baik swasta maupun pemerintah sering ga beres ya

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts