Perppu MK (Manfaat dan Tujuan)

Kamis malam lalu (17 Oktober 2013) Presiden SBY akhirnya menandatangani Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2013 Tentang Perubahan Kedua Atas Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2003 Tentang Mahkamah Konstitusi (Perppu MK).

Namun ada banyak pro dan kontra dari berbagai kalangan terhadap terbitnya Perppu MK ini. Antara lain menyayangkan “terlambatnya” keluarnya Perppu tersebut.

Bagi warcoff pribadi apapun itu yang penting Perppu tersebut harus dijalankan dengan konsisten sehingga dampaknya bisa dipertanggungjawabkan dan berpengarus besar terhadap kualitas “hakim” di MK itu sendiri :).

Apa saja isi dari Perppu MK itu ? Perppu MK memuat tiga hal utama, yaitu : (sumber : www.tribunnews.com)

I. Penambahan persyaratan untuk menjadi hakim konstitusi,
II. Memperjelas mekanisme proses seleksi dan pengajuan hakim konstitusi.
III. Perbaikan sistem pengawasan hakim konstitusi.

Melihat isi Perppu tersebut jelas sekali keinginan pemerintah untuk memperbaiki “kualitas” dari para calon hakim MK nantinya. Semoga saja bisa berjalan baik hehe. Memang sayangnya kok baru sekarang (setelah terbukti) baru dilakukan ketetapan atau peraturan tersebut.

Dan menurut warcoff pribadi, para hakim MK yang ada saat ini juga harus wajib diperiksa, karena bukan tidak mungkin jika diantara mereka atau bahkan semuanya juga terlibat kasus korupsi ;). Prasangka ini tentu sudah menjadi keinginan umum hehe. Semoga manfaat.

Comments

  1. memang perlu sekali perpu MK itu, tapi juga harus dapat dibedakan antara memperbaiki MK atau hanya sekedar Mengawasi MK, makasih infonya mas.

    http://rozaq19.blogspot.com/

    ReplyDelete
  2. kira-kira kelak perppu ini bisa disetujui jadi undang-undang nggak Mas? saya koq nggak yakin, hehe

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts