Berani Lebih Baik (Gita Wirjawan)

Sebuah Tantangan...

Dari sebuah tayangan iklan di televisi tentang seorang polisi yang menolak uang sogokan dari pengemudi yang telah melanggar rambu lalulintas. Bagi kita yang terbiasa mengendarai kendaraan bermotor mungkin pernah mengalami hal seperti itu, yang berbeda mungkin masih belum banyak petugas yang sejujur itu :).

Disinilah makna dari “kejujuran” yang membutuhkan "keberanian". Keberanian polisi tersebut dalam menolak uang damai dari pelanggar lalu lintas merupakan tantangan bagi kita semua, bukan hanya bagi sesama petugas polisi tapi juga kita sebagai pengguna jalan agar juga berani jujur sehingga tidak melakukan tindakan seperti pengemudi di iklan tersebut.

Berani Lebih Baik...
Sebagaimana slogannya Pak Gita Wirjawan yaitu “Berani Lebih Baik”, dimana keberanian untuk berbuat jujur memberi kita semangat untuk berani lebih baik. Bahwa keberanian untuk melakukan sesuatu yang benar akan membuat segalanya menjadi lebih baik.

Berani lebih baik, ungkapan yang membuka mata hati warcoff tentang makna keberanian itu sendiri. Bukan hanya terkait dengan kepentingan pribadi atau individu dalam kehidupan bermasyarakat tapi juga keberanian kita dalam menggunakan hak dan melaksanakan kewajiban sebagai warga negara.

Termasuk didalamnya hak kita dalam memilih calon pemimpin yang terbaik untuk bangsa ini. Mungkin masih banyak dari kita termasuk warcoff sendiri yang mempunyai pandangan negatif atau ketidakpercayaan terhadap hal-hal yang berbau politik. Sehingga kadang hal itulah yang membuat kita malas untuk menggunakan hak pilih kita.

Semua itu terjadi karena kurangnya pemahaman kita terhadap tujuan dan makna dari politik itu sendiri. Serta imbas dari prilaku sebagian oknum politikus yang tidak mencerminkan kejujuran dan keberanian dalam memperjuangkan hak-hak rakyat.

Politik adalah Upaya kita semua...

Pandangan Pak Gita Wirjawan tentang politik jugalah yang membuka wawasan warcoff tentang apa makna dan tujuan dari politik itu sendiri. Sebagaimana ungkapan beliau berikut ini (1)

“Saya percaya politik adalah upaya kita semua untuk menentukan mau dibawa ke mana Indonesia. Artinya, politik tidak boleh hanya jadi permainan segelintir orang”.

Ungkapan tersebut sederhana namun bagi warcoff cukup untuk menyakinkan kita bahwa politik bukan untuk dihindari atau dibenci tapi harus dijalani karena berpolitik itu hak kita semua sebagai warga Negara.

Berpolitik tidak mengharuskan kita untuk menjadi anggota partai tertentu tapi mengharuskan kita untuk ikut berperan aktif sesuai kapasitas dan kemampuan yang kita miliki agar Politik tidak hanya menjadi monopoli atau permainan sebagian orang atau kelompok tertentu.

Sekilas Tentang Pak Gita Wirjawan... (1) (2)

Gita Irawan Wirjawan adalah Menteri Perdagangan Republik Indonesia saat ini. Beliau merupakan salah satu menteri termuda dalam kabinet Indonesia Bersatu Jilid II.

Gita Wirjawan
Bapak Gita Wirjawan (1)
Bapak Gita Wirjawan lahir di Jakarta pada 21 September 1965. Ia menempuh pendidikan S-1 di Kennedy School of Government, Harvard University, Amerika Serikat pada 1992 dengan mengambil jurusan administrasi bisnis. Pada tahun 2000, Gita berhasil menamatkan kuliah S2 nya di Harvard lalu bekerja di Goldman Sachs Singapura hingga tahun 2004.

Pada 11 November 2009, Gita bergabung dengan Kabinet Indonesia Bersatu jilid II sebagai Kepala Badan Koordinasi dan Penanaman Modal (BKPM). Gita sukses membuktikan kepemimpinannya dengan meningkatnya realisasi investasi. Ia dianggap sebagai pemasar andal bagi investor asing untuk menanamkan modalnya di negeri ini.

Selanjutnya pada tahun 2011, ia mendapatkan kepercayaan yang lebih besar dengan ditunjuk Presiden Susilo Bambang Yudhoyono sebagai Menteri Perdagangan menggantikan Mari Elka Pangestu.

Kepedulian Gita terhadap pendidikan salah satunya terwujud dengan mendirikan Ancora Foundation, sebuah yayasan yang bergerak di bidang kemanusiaan khususnya pendidikan. mendirikan Ancora Foundation memfokuskan diri pada donasi pendidikan untuk pemuda Indonesia dengan membuat beberapa program beasiswa untuk bersekolah di beberapa universitas ternama di dalam dan luar negeri.

Gita mengikuti konvensi calon presiden Partai Demokrat. Gita mengaku keikutsertaan dalam konvensi capres adalah niat pribadi. Dia akan maksimal dan terus berusaha untuk bisa menjalani konvensi dengan baik.

Gagasan – Gagasan  ...(2)

Gagasan-gagasan yang disampaikan oleh Pak Gita Wirjawan sangat menarik, antara lain sebagai berikut :

“Investasi terbaik bagi indonesia adalah investasi pendidikan bagi anak-anak bangsa kita”

Gagasan ini tak perlu diragukan lagi karena memang pendidikanlah yang menjadi salah satu penentu kualitas suatu bangsa. Pendidikan bukan hanya tentang saat ini tapi juga masa nanti dan harus mempunyai konsep yang baik untuk menjamin kualitas generasi sepanjang jaman. Pendidikan membuat kita menjadi tahu dan berani untuk melakukan sesuatu sesuai hak dan kewajiban.

We are bigger that what we think we are "
(Kita semua lebih berani, lebih kuat dan lebih cerdas dari yang kita kira ).

Gagasan ini menantang kita semua untuk lebih berani dan cerdas dalam memaksimalkan potensi yang kita miliki karena pada dasarnya kita semua punya potensi untuk menjadi lebih baik

Sebagai Kesimpulan

Seperti yang Pak Gita Wirjawan bilang, "siapapun mempunyai kesempatan yang sama untuk menjadi seorang pemimpin". Dan beliau mengajukan diri karena beliau percaya, kita merasa bangga menjadi bagian bangsa Indonesia, justru ketika kita berhasil menegakkan keadilan buat semua, memberantas korupsi tanpa pandang bulu, dan melindungi mereka yang berbeda (2).

Pernyataan beliau tersebut adalah salah satu wujud keberanian yang harus dimiliki seorang pemimpin untuk yakin dan percaya jika kita mampu menegakkan kebenaran, berani untuk mempertanggungjawabkan tugas dan kewajiban, serta menjalankan amanah rakyat dengan penuh keihklasan..

Dan bagi warcoff, siapapun berhak dan mempunyai kesempatan yang sama memilih seorang pemimpin idaman. Pilihan yang harus berdasarkan keberanian untuk jujur pada diri sendiri dalam memilih pemimpin yang terpercaya karena Berani Lebih Baik :)


Referensi Tulisan  :
(1) http://www.gitawirjawan.com/
(2) http://www.ayogitabisa.com/

Comments

  1. Iya iklan di tivi itu memang luar biasa polisi nya, nggak mau menerima suap. Padahal realitanya gak seperti itu hmmm :D

    ReplyDelete
  2. @Eka :nah "berani" nggak kita meniru sikap polisi jujur itu hehehehe

    ReplyDelete
  3. semua berhak mendapat kesempatan untuk jadi pemimpin, namun pertanyaannya apakah mereka bisa menggunakan kesempatam tersebut dengan jujur dan amanah :-)

    ReplyDelete
  4. mungkin ini udah beberapa kali mendarat di blognya temen2 yang membahas tentang Beliau ini. Berpikir positif aja, semoga Beliau membawa perubahan :)

    ReplyDelete
  5. @mas Hary : nah kalau ranah itu kembali ke individu masing2 :D

    @Sari : harus selalu berpikir positf :)

    ReplyDelete
  6. Berpikir positif aja, semoga Beliau membawa perubahan :)

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts