Selamatkan Hutan di Indonesia (Lindungi dan Lestarikan)

Bayangkan jika semua hutan di Indonesia ini sudah tidak ada

Alangkah tidak menariknya negeri ini... tak ada lagi bau khas hutan atau suara gemerisik ranting dan daunan…tak ada lagi suara auman khas harimau Sumatera dan canda tawa lucu orang utan atau keunikan hidung mancungnya bekantan di Kalimantan. Tak ada lagi suasana seru saat kemping ataupun bertualang ditengah hutan rimba penuh misteri...semua hanya menjadi cerita fiksi.

Tak ada lagi raja hutan, yang ada hanya bekas raja hutan…sungguh mengenaskan. 

Para hewan liar itu hanya bisa dilihat di kebun binatang atau taman safari, dengan tampang lesu tak bergairah, karena tak bisa lagi berburu, berganti rutinitas yang tak seharusnya mereka dapatkan... atau bahkan mereka hanya tinggal foto dan gambar di museum hewan langka...
greenpeace galery
sumber foto disini

Jikapun di masa depan nanti, manusia bisa membuat hutan lengkap dengan isi serta fungsinya, pohon dan daun dari bahan sintetis yang bisa tumbuh dan bergerak sesuai aslinya…sedangkan hewan–hewannya adalah robot yang telah diprogram khusus seperti bersuara bahkan kawin...

Hmmm tentu akan jadi terasa aneh, seperti hidup di dunia animasi…ah jangan sampai itu terjadi.

Seperti kita ketahui…
Keberadaan hutan itu sangatlah penting, dan pentingnya kelestarian hutan dan hewan-hewan liar tersebut terkait juga dengan kelangsungan hidup kita sendiri sebagai manusia penguasa bumi…Jangan sampai esok tak lagi berseri.

Fungsi hutan selain menyokong keanekaragaman hayati dan masyarakat sekitarnya, hutan dan tanahnya menyimpan karbon dalam jumlah yang sangat besar hampir tiga ratus milyar ton karbon atau sekitar 40 kali jumlah emisi yang dilepaskan ke atmosfir.

Sayangnya… menurut data terakhir, laju deforestasi di Indonesia adalah laju deforestasi tercepat di dunia. Hal ini menempatkan Indonesia menjadi negara ketiga terbesar penghasil gas rumah kaca setelah Amerika Serikat dan Cina…

Bahkan kerusakan hutan tropis bertanggungjawab atas seperlima dari emisi gas rumah kaca di bumi, lebih dari akumulasi jumlah emisi yang dihasilkan kereta, pesawat dan mobil di seluruh dunia… sungguh luarbiasa.
greenpeace
Sumber foto disini

Dampak penghancuran dan degradasi hutan tersebut berpengaruh besar terhadap perubahan iklim, dimana :
  • Perambahan dan pembakaran hutan melepaskan karbon dioksida ke atmosfir.
  • Kerusakan hutan akan mengurangi area hutan yang menyerap karbon dioksida.
Penghancuran dan degradasi hutan jugalah yang menjadi penyebab utama semakin langkanya hewan khas Indonesia seperti harimau sumatera dan lainnya.

Jadi apa yang harus kita lakukan sekarang ?
Pertama, Para pemimpin dunia harus berkomitmen untuk melakukan reduksi emisi drastis dan mengikat secara hukum. Pemimpin dunia harus setuju terhadap rencana ambisius untuk mengakhiri deforestasi sebelum 2020. Mereka juga harus berkomitmen menyalurkan 30 milyar Euro per tahun sebagai dana bantuan hutan untuk membantu negara-negara seperti Brazil, Republik Demokrasi Kongo dan Indonesia, serta memastikan terjaganya keanekaragaman hayati dan terpenuhinya hak masyarakat adat.

Kedua, Pemerintah Indonesia lebih memperkuat Moratorium deforestasi untuk melarang pembukaan di semua hutan dan lahan gambut karena sangat terkait dengan penyelamatan harimau dan orangutan yang tersisa di Indonesia dari kepunahan!.

Moratorium deforestasi adalah mekanisme untuk menahan kehancuran hutan, sementara itu moratorium juga menyediakan waktu dan ruang yang dibutuhkan untuk membangun jaringan dari area yang dilindungi dan area yang memang didedikasikan untuk pengelolaan hutan yang bertanggung jawab secara sosial dan lingkungan.

Hutan yang digunakan dan dikelola oleh masyarakat dapat menjadi jaring pengaman melalui proses penggunaan lahan secara partisipatif yang memastikan penghargaan kepada hak hak masyarakat adat dan komunitas yang bergantung kepada hutan

Moratorium deforestasi bertujuan untuk membantu mengendalikan emisi gas rumah kaca, menjaga keberlangsungan keanekaragaman hayati hutan tropis, dan melindungi kehidupan jutaan orang dan komunitas yang bergantung kepada hutan di seluruh Indonesia

Ketiga, mulai sekarang tekadkan niat pada diri kita semua untuk ikut berpartisipasi dan berani memberikan dukungan sepenuh hati kepada setiap kegiatan yang terkait dengan kelestarian hutan di Indonesia yang juga merupakan rumah sekaligus surga bagi hewan-hewan khas Indonesia.

Berikan dukungan tersebut sesuai dengan kapasitas dan kemampuan kita demi menjaga kelestarian hutan dan hewan hewan khas tersebut. Mari kita satukan suara untuk menjaga surga milik kita tersebut, ayo protect paradise!.

Semoga manfaat.


Referensi
http://www.greenpeace.org/seasia/id/campaigns/melindungi-hutan-alam-terakhir/moratorium/
http://www.greenpeace.org/seasia/id/aksi-kamu/Protect-Paradise/
http://www.greenpeace.org/seasia/id/press/reports/hutan-tropis-indonesia-krisi-iklim/

Comments

  1. Akankah hutan hanya akan menjadi bagian dari sejarah bangsa ini?

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts