Semangat Kebangsaan (Nasionalisme)

Setiap manusia yang dilahirkan kedunia ini punya tujuan tersendiri, bukan sekedar kebetulan. Meski mungkin ada yang dilahirkan kurang sempurna secara phisik dan lainnya, atau kesal karena tidak dilahirkan di negara kaya agar hidupnya lebih makmur dan terjamin…

Bagaimanapun juga hidup adalah anugerah, dimanapun kita dilahirkan dan menjadi warga negaranya…

Apalagi jika dilahirkan di Indonesia, negeri yang indah, kaya sumber daya manusa dan alamnya serta gemah ripah loh jinawi…Meskipun atau walaupun atau apapun kondisinya mungkin masih terasa tidak/belum lebih baik… namun kita harus tetaplah bangga dengan tanah tumpah darah Indonesia :).

Nah rasa Nasionalisme ini sayangnya sering disalahgunakan oleh sebagian orang, bahkan oleh orang-orang yang taraf pendidikannya sudah lebih dari es satu hehe yang seharusnya paham banget dengan makna Nasionalisme ini…

Lihat saja para oknum pejabat Negara, anggota dewan, caleg dan sejenisnya... semangat kebangsaan yang mereka miliki sudah berubah menjadi semangat kepartaian bahkan kesukuan atau bahkan kesamaan almamater dengan mengatasnamakan kerakyatan atau kebangsaan…

Semangat itu yang menggeser kepentingan seluruh rakyat/bangsa Indonesia demi kemajuan dan nama baik kelompok atau partainya dan akhirnya nanti berubah hanya untuk kepentingan pribadi yang diwujudkan dalam bentuk korupsi, kolusi dan nepotisme…jeng jeng!!!

So melihat kenyataan itu artinya para koruptor termasuk kategori orang yang menyalahgunakan rasa nasionalisme/kebangsaan.

Jadi harus bagaimana ? kalau menurut warcoff, orang-orang yang telah menyimpang atau rasa nasionalismenya sudah berubah (koruptor, etc) harus ditindak tegas. Statusnya sebagai warga Negara  harus dicabut, biar mereka mencari suaka ke Negara lain yang mungkin mau  menampung mereka (koruptor dan sejenisnya) hehehe.

Terus tulisan ini sebenarnya tentang apa ? mungkin ini tentang makna hidup dan kebangsaan atau terserah apa yang bisa dijadikan kesimpulan hehe. Semoga manfaat.

Comments

Popular Posts