Semua ada hikmahnya (IdeKU untuk PLN)


Asal mula Ide…

the idea by aulawi ahmad
the idea  (source :doc pribadi)

Semua memang ada hikmahnya…kadang suatu kondisi seperti lampu mati (asal tidak berlebihan) hingga suasana gelap dan sunyi biasanya akan muncul ide-ide/masukan, seperti halnya ide sederhana saya untuk PLN ini :).

Biar terlihat keren lebih jelas saya bagi menjadi dua jenis ide, yaitu sebagai berikut  :

A. Ide biasa sekali

1. Tiang listrik adalah pemandangan yang banyak kita jumpai diseluruh negeri. Saking banyaknya hingga dilupakan hehehe tak heran jika banyak yang tidak terawat (miring, kusam, karatan, sudah berusia puluhan tahun, etc). Ditempatku di kampung-kampung lama masih terlihat tiang-tiang listrik "kuno", hebatnya masih dipakai meski sudah saatnya diganti. Padahal tiang listrik adalah salah satu aset yang punya peranan penting bagi kualitas pelayanan PLN selama ini.
aulawi ahmad
tiang listrik antik (source : doc pribadi)

aulawi ahmad design
kondisi tiang listrik (source : doc pribadi)

Untuk itu ada beberapa usulan yang terkait dengan keberadaan tiang listrik ini :
  • Perawatan dan pengawasan kondisi tiang listrik bisa melibatkan masyarakat sekitar yang tentu saja sebelumnya harus dibekali dengan pelatihan khusus dari pihak PLN.
  • Penataan dan penetapan peraturan pada tiang listrik yang banyak dimanfaatkan menjadi media promosi gratis. Peraturan ini perlu ditetapkan secara resmi dari pihak PLN sendiri. Agar fungsi dan manfaat daripada tiang listrik bisa menjadi lebih optimal. Siapapun yang mau memakainya akan dikenai biaya tertentu sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku. Untuk itu PLN harus menyediakan ruang khusus untuk iklan (komersial) di tiang listrik agar tidak mengganggu proses perawatan atau perbaikan yang diperlukan.
  • Bekerjasama dengan pemda atau pihak terkait, untuk memberi warna, hiasan atau bahkan bentuk tiang listrik yang unik di jalan-jalan tertentu sesuai simbol atau tradisi yang melambangkan kota setempat. Seperti digambarkan dalam ilustrasi berikut :
design by aulawi ahmad
tiang listrik ala kota Palembang (source : doc pribadi)


2. Lampu jalan, fungsinya vital untuk keamanan sekitar jalan namun sayang banyak yang tidak berfungsi bahkan lampunya hilang dicuri. Selain itu keberadaan lampu jalan dengan tiang sendiri terkesan terlalu berlebihan, cukup yang berada dijembatan atau jalan-jalan utama saja yang disendirikan. Lainnya lebih baik digabungkan dengan tiang listrik yang sudah ada. Lumayan untuk penghematan biaya pengadaan.

Untuk mencegah pencurian atau pengrusakan oleh tangan-tangan jahil, berdayakan masyarakat sekitar khususnya organisasi kepemudaan atau remaja masjid, etc. Tentu dengan kompensasi yang sesuai dengan tugas dan kewajiban mereka.

3. Genset gratis, perlu sekali ketersediaan genset dengan kapasitas yang memadai per kelurahan dari PLN, khusus untuk kota atau kabupaten yang sering mengalami mati lampu atau bahkan belum dialiri listrik sama sekali seperti tempat-tempat terpencil di pedalaman hutan, gunung, etc.

4. Lebih fokus dan serius lagi dalam pengembangan sumber energi alternatif atau energi baru terbarukan (EBT). Contohnya tenaga listrik berbahan biogas kotoran sapi yang sudah diteliti dan diuji oleh KP4 UGM sejak tahun 2010. Atau pembudidayaan belut listrik sebagai sumber energi terbarukan. Jika ini bisa segera diimplementasikan pada pembangkit listrik konvensional tentu akan sangat berguna bagi peningkatan kualitas layanan PLN.

B. Ide tidak biasa 

1. Pengaturan/penataan ulang jalur kabel di kampung-kampung atau wilayah yang padat penduduknya. Semakin padat perkampungan tentu akan semakin ruwet pula pengaturan distribusi dan jalur-jalur kabel listrik tak heran jika sering terjadi kebakaran di perumahan padat akibat arus pendek dan mudah sekali terjadi pencurian listrik dengan kondisi seperti itu. Berikut ilustrasinya :

design by aulawi ahmad
perkampungan padat (source : doc pribadi)

Jika ini bisa dilakukan paling tidak ada dua hal yang dampaknya akan dapat dirasakan langsung yaitu (1) tata jalur distribusi dan perkabelan akan lebih rapi sehingga mempermudah pengumpulan data-data terkait. (2) resiko kebakaran dan pencurian listrik akan berkurang karena lebih mudah terdeteksi (visual).

2. Matahari buatan
Untuk membuat semacam sumber energi seperti matahari sepertinya masih tidak mungkin, tapi bagaimana jika ada alat yang bisa merefleksikan cahaya matahari di bagian bumi lain sehingga energinya tetap bisa terserap dan bisa menjadi lampu dimalam hari, otomatis PLN akan bisa menghemat lebih banyak karena malam hari tidak perlu lagi penerangan. Berikut ilustrasinya :
design by aulawi ahmad
matahari buatan (source : doc pribadi)

3. Pembangkit listrik tenaga dalam
Seperti kita ketahui tubuh manusia bisa menghasilkan tenaga listrik baik secara alamiah ataupun terlatih. Tak heran jika ada orang yang mampu menghidupkan sebuah bola lampu hanya dengan menyentuhnya. So jika ini bisa dimanfaatkan dan dikembangkan secara maksimal tentu bisa dijadikan salah satu sumber listrik cadangan terutama di saat atau kondisi pasca bencana alam dan sebagainya hehe.



Sebagai Penutup...

Sebelumnya saya ucapkan terima kasih kepada blogdetik dan PLN yang telah memberi kesempatan kepada blogger untuk turut memberikan sumbangsih berupa ide untuk peningkatan pelayanan PLN di masa yang akan datang melalui lomba blog yang bertemakan Ideku untuk PLN ini.

Ya memang sangat menarik, di kala ada banyak cacian dan hujatan terhadap kualitas pelayanan PLN selama ini, maka dengan adanya lomba ini adalah kesempatan bagi kita semua para blogger untuk tidak hanya menghujat tapi juga memberi masukan atau ide positif kepada pihak PLN.

Adapun ide-ide yang saya sampaikan ini memang biasa saja, cuma dari yang terlihat dan dirasakan di kehidupan nyata. Semoga bisa jadi sedikit masukan buat PLN. Sekali lagi, semua ada hikmahnya, yang penting tinggal bagaimana kita menyikapi bukan hanya berdasarkan rasa tapi juga logika :).









Comments

  1. kreatif banget mas idenya,,, :D keren

    ReplyDelete
    Replies
    1. tq, siapa tau menang ye, lumayan buat modal kawin eh nikah hehehehe

      Delete
    2. semoga menang :) ,,, pengen ngikut juga jadinya :D

      Delete
    3. amiiin, ayo ikut hari ini terakhir lhoo :D

      Delete
  2. Kunjungan malam, maaf belum sempet baca artikelnya soalnya bnyk tugas hehe, ijin bookmark dulu hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. dimaafkan pasti. soalnya bahaya juga lama2 di gardu PLN, bisa kesetrum, hehe

      Delete
    2. ah untunglah sudah dimaafkan mas Zach hehehe

      Delete
  3. nah ini dia. saya hari ini ketemu dua posting baca yang bertema listrik.
    saya terkesan yang tentang matahari buatan di atas

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayo ikutan mas, ane yakin sampeyan punya ide yg lebih kereen :)

      Delete
  4. Top markotop mas.. ayo ngopi bareng.. :) :) :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayo dah ngoffee, sampeyan yg traktir ya hehehe

      Delete

Post a Comment

Popular Posts