Personal Blog (Bebayar atau Gratisan)

Gak terasa sudah hampir tujuh tahun warcoff ngeblog, suatu proses yang cukup panjang bagi seorang blogger untuk bisa terus aktif dalam menulis atau berbagi cerita dan informasi melalui blog.

Terasa sekali perbedaannya dari awal hingga kini, Saat ini memang perkembangan blog sudah semakin ramai dan diminati banyak kalangan. Apalagi sekarang ada banyak kesempatan bagi para blogger untuk bisa menunjukkan eksistensi dan kualitas mereka di berbagai media sosial yang ada.

Blog dulunya lebih banyak berkesan personal untuk tempat curahan isi hati atau uneg-uneg si pemilik blog. Hanya blogger-blogger tertentu yang membuat blognya sebagai media penambah penghasilan.

Namun sekarang rasanya semua blog ditujukan untuk menjadi mesin penambah bahkan juga sumber penghasilan. Tak heran jika banyak blogger yang berusaha menjadikan blognya lebih profesional serta layak jual, antara lain dengan mempunyai domain plus hosting sendiri.

Hingga blog-blog yang masih gratisan (seperti warcoff ) kesannya jadi seperti blog kelas bawah, tidak layak jual dan tidak bermodal hahaha. Nilai pagerank pun sekarang tidak lagi menjadi acuan kualitas blog. Karena semakin banyaknya blog yang berdomain bebayar maka nilai DA (domain authority) yang menjadi acuan.

Yah itu memang sudah menjadi bagian dari perubahan. Sayangnya semua itu bagi warcoff sudah merubah nilai dan makna dari blog pribadi (personal blog) itu sendiri.

Karna pada dasarnya ngeblog untuk berbagi, pun jika memang ada yang mau bekerjasama dengan blogger pilihlah karna kualitas tulisan dan penyajian bukan karna domainnya hehehe.

Kalau warcoff ditanya kenapa nggak memakai domain bebayar? jawabannnya karna untuk apa berdomain bebayar jika cuma sekedar untuk mengikuti trend pasar (ikut-ikutan). 

Padahal tidak ada yang gratis sebenarnya di dunia maya ini, untuk bisa mengakses internet paling tidak butuh gadget yang harus dibeli, gak mungkin jadi blogger aktif jika ngeblog pake gadget pinjaman toh.

Lagi pula personal blog itu apa adanya bukan karna ada apanya. Artinya apa yang ditulis bukan hanya berdasarkan apa yang dilihat tapi juga dari apa yang dirasakan. Dan blogger pada hakikatnya bekerja (menulis) berdasarkan keinginannya sendiri. 

Singkatnya, personal blog itu sejatinya lebih jujur dari hati. Tidak percaya ? rasakan sendiri hehehe. Semoga manfaat.




Comments

Popular Posts