Penjara (fungsi dan tujuan)



Penjara itu tempat penampungan orang-orang yang bisa disebut sebagai penjahat. Seseorang bisa dikatakan sebagai penjahat setelah ditetapkan oleh pengadilan. Pengadilan adalah tempat untuk mengadili seseorang yang telah disebut sebagai tersangka.

Tersangka adalah seseorang yang diduga telah melakukan sesuatu tindakan yang melanggar peraturan. Peraturan adalah aturan-aturan tertulis dan tidak tertulis yang masih berlaku serta telah ditetapkan oleh pihak yang terkait.


Pihak terkait adalah pihak-pihak yang selalu dikaitkan dengan sesuatu, dimana sesuatu itu bisa berwujud baik dan buruk.

Baik atau buruk itu diukur dan disesuaikan dengan peraturan yang berlaku. Kepatuhan pada peraturan bisa dikatakan baik, dan pelanggaran pada peraturan itu bisa disebut sebagai suatu bentuk kejahatan.

Setiap orang yang melakukan kejahatan akan diberi hukuman yang kemudian akan ditentukan di pengadilan hingga akhirnya akan dijebloskan kedalam penjara.

Penjara itu kurungan, yang fungsi atau tujuannya untuk membuat seorang penjahat kapok hingga berubah menjadi orang yang lebih baik. Seharusnya begitu :).

Comments

  1. Bila yang terjadi malah sebaliknya, berarti fungsi pembinaan di lembaga pemasyarakatan tersebut gagal ya, Sob.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa jadi gitu mas, toh penjara bagi para penjahat kelas teri dianggap sbg tempat pelatihan dan rumah singgah, hingga akhirnya keluar penjara bukannya kapok tp makin menjadi hehehe

      Delete

Post a Comment

Popular Posts