Aku Ibumu, bukan temanmu...

Aku ibumu, bukan temanmu... itu sebagian kalimat di iklan salah satu produk pembasmi nyamuk terkenal. Satu sisi memang tidak ada yang salah dengan kalimat itu, karna sosok Ibu memang bukan temannya sang anak.

Namun menjadi berkesan bahwa hubungan antara Ibu/ortu dan anak lebih kepada hubungan satu arah. Artinya peran ibu/ortu disini sepertinya mutlak sebagai pengawas, pengatur, pendidik, etc. Dengan kata lain Ibu atau orang tua tidak bisa berperan sebagai “teman” bagi anaknya dalam situasi atau kondisi tertentu.

Warcoff merasakan sendiri dampak dari pola seperti itu saat akan berkomunikasi dengan orangtua. Berasa ada “gap” tersendiri sehingga komunikasi jadi terasa kaku dan sulit terbuka ataupun luwes (beretika) saat mau bercerita ataupun beropini tentang suatu masalah.

Mungkin salah satu penyebab maraknya kasus pelecehan seksual ataupun penyimpangan prilaku seks pada anak terjadi karena kurang harmonisnya hubungan komunikasi antara anak dan orangtuanya. Sehingga seorang anak lebih suka bercerita pada teman atau orang lain yang dianggapnya bisa lebih mengerti.

Bayangkan jika teman atau orang lain tersebut punya niat buruk (misal terkait sexual orientasi)...so bisa dibayangkan betapa besar bahaya yang akan menimpa.

Yang pasti seorang Ibu adalah Ibu. Sosok yang takkan terganti. Yang punya peranan penting dalam membentuk karakter bahkan mempengaruhi jalan kehidupan setiap orang. Semoga manfaat.





Comments

  1. Di samping sebagai Ibu, mestinya juga bisa sebagai teman ya, Sob, sehingga kepada Ibu seorang anak bisa bercerita, termasuk hal yang pribadi.

    Ohya, mohon izin, baru saja saya follow blog ini ya. Terima kasih :)

    ReplyDelete
  2. betul mas hehe, entar gue folback ya mas, thanks

    ReplyDelete
  3. wah senangnya satu pemikiran deh.. saya suka tersindir dengan iklan itu, tapi setidaknya jadi happy ketika anak sy menganggap sy adalah sahabat terbaiknya hehe.. jadi tulisan deh http://www.kompasiana.com/handrini/ibuku-sahabat-terbaikku_58c62c22339773c56d73f8ee

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts