Indonesia National Single Window (INSW)

Sistem pelayanan satu pintu pengurusan ekspor dan impor atau yang diberi nama "Indonesia National Single Window" (INSW) merupakan suatu sistem layanan publik yang terintegrasi yang menyediakan fasilitas pengajuan, pertukaran dan pemrosesan informasi standar secara elektronik. NSW Indonesia merupakan bagian dari NSW ASEAN, yang merupakan suatu bentuk perkembangan kerja sama ekonomi dan perdagangan ASEAN, agar praktek kerja sama ekspor impor lebih cepat dan praktis. Namun sistem ini bukan hanya penting untuk konteks ASEAN saja tapi diharapkan ekonomi nasional pun berjalan efisien, pelayanan publik lebih baik hingga bisa mendorong ekonomi yang efisien dan makin produktif.

Sistem NSW ini telah dimulai sejak 2006 dengan uji coba pertama kali di Pelabuhan Batam. Kini, sistem NSW akan diberlakukan di 5 pelabuhan, yaitu Tanjung Priok, Tanjung Emas, Tanjung Perak, Pelabuhan Belawan, dan Soekarno Hatta.

Presiden SBY menjelaskan pengoperasian NSW tersebut merupakan salah satu bagian dari program 100 hari pertama kerja kabinet, ini adalah awal bukan akhir dari tugas pemerintah selama lima tahun mendatang. Beliau juga menegaskan bahwa "Pemerintah peduli dengan masalah tertentu yang nyata-nyata belum siap benar kita lakukan pembicaraan yang baik, tidak baik kalau kita ingkar kesepakatan, jangan cemas dan jangan khawatir".Sumber: analisa daily

Sebagai warga negara yang baik, aku sangat senang dan setuju dengan pengadaan program tersebut. Apalagi menilik pernyataan dari presiden SBY yang menegaskan untuk tidak akan sekedar berjanji dalam penerapan program tersebut. Semoga saja dengan adanya program ini proses export dan import menjadi lebih "mudah" dan "bersih". Mudah dalam perijinan dan pengurusan (tak banyak birokrasi), Bersih dari segala bentuk korupsi berupa "uang pungut" atau "uang administrasi" . Sehingga benar-benar nanti mendatangkan manfaat tidak hanya bagi eksportir dan importir tapi juga rakyat indonesia secara keseluruhan.

Comments

  1. hidup deh nsw, sayah suka program inih jugah...

    ReplyDelete
  2. makasih atas infonya sobat..
    Saya baru mendengarnya dari sini.
    Sukses dan sehat selalu
    Salam Taksim

    ReplyDelete
  3. Dapat ilmu baru lagi nih...
    nice inpo euy :)

    salam kenal ^^

    ReplyDelete
  4. @Buwel..hihihi
    @Fanny..met wiken juga :)
    @Setiawan...sama-sama pak :)
    @Anggi..salam kenal balik :)

    ReplyDelete
  5. jiahhhhh buwel kok udah ngoment disinih nggakh bilang2.... hiks... :-D

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts