Memahami Tujuan

Perjalanan hidup memang tak bisa diduga, namun suatu pencapaian bisa diusahakan melalui kedisiplinan dan ketekunan. Misal sedari kecil kita dibiasakan untuk mengerti tentang manajemen waktu, mengatur waktu untuk belajar, bermain, dan sebagainya. Pengaturan yang berkesan kaku tapi manfaatnya sangat besar sekali untuk masa depan. Intinya dibiasakan untuk mempunyai tujuan terhadap apapun yang dikerjakan. Seperti belajar matematika, yang nota bene ditakuti oleh kita sewaktu kecil, kalau dipikir ketakutan itu terjadi karena pengaruh image. Image guru matematika yang "kejam dan keras" serta pelajaran yang "sulit". Padahal semua pelajaran itu akan lebih mudah kita pahami jika kita mengerti "tujuan" dari belajar atau mempelajari sesuatu. Memang faktor pengajar sangat mempengaruhi kualitas pemahaman seorang murid. Pengajar tidak hanya dituntut untuk menguasai pelajaran yang diajarkan tapi juga pandai menyampaikan. nah kadang metode penyampaian ini yang membuat murid yang "kurang cerdas berhitung" sulit mengerti bahkan malah menjadi takut.

Kembali ke tujuan belajar, artinya disini minimal kita tahu apa manfaatnya bagi kita ketika mempelajari sesuatu. Misal ketika kita belajar ilmu statistik, kebanyakan kita saat awal mengenal ilmu ini sudah merasa "keder" duluan, melihat angka-angka dan tabel yang begitu banyak, belum lagi mengenal istilah distribusi binomial dan sebagainya. Tapi jika kita mengerti tujuan dari semua teori tersebut, pasti akan terasa lebih mudah dalam mempelajarinya. Untuk kita yang "pas-pasan" tidak perlu memaksakan diri untuk mengerti semuanya, tapi cukup dengan memahami algoritma suatu rumus atau metode yang ada dan aplikasinya di dalam suatu kasus.

Manfaat bagi kita dengan memahami "tujuan" kita belajar sangat banyak sekali, selain mempermudah kita memahami juga membuat kita lebih "termotivasi" untuk belajar. Yang lebih penting lagi bila kita sedari kecil sudah terbiasa dengan itu, manfaatnya akan sangat terasa ketika kita kuliah, mencari kerja dan bekerja. Mungkin nilai IPK yang besar bukan hal yang sulit lagi dan gak perlu pake nyontek hehehehe, dan saat mencari kerja yang kebanyakan harus melalui beberapa tahap tes (psikotes dan wawancara) akan lebih mudah dilalui :) dan saat sudah bekerja (walau teori saat kuliah hanya terpakai 10%) akan membuat kita lebih mudah beradaptasi dengan tuntutan pekerjaan yang diberikan.

Memahami "tujuan" berlaku juga di dalam kehidupan ini, mengerti tujuan kita hidup akan membuat kita lebih bisa menerima dan mensyukuri apa yang di anugerahkan Tuhan kepada kita. Sehingga hidup di dunia bisa dimanfaatkan dengan maksimal untuk hasil yang optimal dan tak hanya sekedar tersia oleh keputusasaan, Semoga. :)

Comments

  1. "Pengaturan yang berkesan kaku tapi manfaatnya sangat besar sekali untuk masa depan"

    hehehe....kesannya menetapkan tujuan itu jadi sulit....

    ReplyDelete
  2. hehehe, memang begitu adanya, apalagi jaman sekarang anak-anak lebih "bebas" atau bisa diartikan lebih sulit diatur :) so pandangan "kaku" itu pasti terjadi :)

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts